Sukses

Ratusan Pedagang Pasar Jakarta Barat Deklarasi Dukung PAN di Pemilu 2024

Dia mengatakan hasil kerja PAN begitu dirasakan oleh pedagang pasar seperti dirinya. Salah satunya berhasil membuat harga kebutuhan pangan menjadi stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pedagang Jakarta Barat mendeklarasikan mendukung Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pemilu 2024 mendatang. Mereka menilai PAN selama ini telah banyak membantu masyarakat luas khususnya para pedagang pasar.

"Kita semua para Pedagang Pasar Jakarta Barat dapat berkumpul bersama, menyatukan sikap dan pemikiran untuk mendukung dan memenangkan PAN demi terwujudnya Indonesia yang lebih sejahtera," kata Koordinator Pedagang Pasar Jakarta Barat, Ulbi, Minggu (30/7/2023).

Dia mengatakan hasil kerja PAN begitu dirasakan oleh pedagang pasar seperti dirinya. Salah satunya berhasil membuat harga kebutuhan pangan menjadi stabil.

"Kita semua, seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jakarta Barat dan para Pedagang Pasar telah menyaksikan secara langsung berbagai hasil kerja nyata PAN melalui kader-kadernya yang terjun langsung membantu serta meringankan beban rakyat," ucapnya.

Keberhasilan dalam menstabilkan harga pangan berasal dari sejumlah program yang digagas oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Salah satunya adalah program PANsar murah yang berhasil menghadirkan harga bahan pokok terjangkau.

Selain itu, Zulhas, sapaan akrabnya juga turut merancang empat langkah program strategis untuk menstabilisasi harga bahan pokok melalui Kementerian Perdagangan. Pertama, melalui pemantauan pasar dan harga secara real time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP).

Kedua, optimalisasi pemanfaatan Gerai Maritim. Ini diselenggarakan dengan memanfaatkan tol laut, jembatan udara, serta subsidi angkutan darat untuk menekan disparitas harga yang ada di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengendalian Harga

Ketiga, pengendalian harga juga dilakukan melalui kebijakan impor. Langkah ini diambil berdasarkan hitungan kebutuhan bahan pokok guna meredam harga yang bergejolak

Keempat, untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan dengan pemanfaatan sistem resi gudang (SRG). Adapun SRG dimanfaatkan sebagai buffer stock bahan pokok di Tanah Air. Saat ini, terdapat 112 gudang SRG untuk menampung beras, gula, bawang merah, ayam, dan kedelai.

Melihat itu semua, Ulbi mengatakan sudah sepatutnya sebagai warga negara aktif dalam proses politik untuk menentukan arah masa depan bangsa dengan memberikan dukungan kepada parpol yang terbukti bekerja nyata untuk masyarakat yakni PAN. Karenanya, ia bersama para pedagang pasar lain akan mengajak masyarakat umum untuk sama-sama mengantarkan PAN ke parlemen di Pemilu 2024 mendatang.

"Kita pedagang pasar Jakarta Barat akan mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada PAN di Pemilu 2024," pungkas Ulbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.