Sukses

Lebih Humanis, Prabowo Disebut Capres Paling Popular di Kalangan Anak Muda

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo meraih hasil yang sangat tinggi di pendukung Gen Z dengan rentang usia di bawah 26 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut sebagai capres yang paling popular di kalangan generasi muda. Hal itu lantaran sikap Prabowo yang jauh lebihi humanis dari sebelum-sebelumnya.

Pernyataan tersebut dipaparkan oleh Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia. Saat menjadi narasumber dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia, Bahlil mengatakan perubahan Prabowo yang lebih humanis sangat disukai oleh generasi milenial dan Gen Z.

"Mungkin karena sekarang Pak Prabowo kan sudah berubah ya, dulu pidatonya agak sedikit kencang-kencang, sekarang pidatonya sudah humanis, sudah gaya-gaya anak muda, mungkin juga pengaruh ya," kata Bahlil dikutip Kamis (28/7/2023).

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo meraih hasil yang sangat tinggi di pendukung Gen Z dengan rentang usia di bawah 26 tahun. Prabowo berhasil menorehkan dukungan sebesar 40,5 persen.

Sedangkan, ada sekitar 37,1 persen dari kalanga Milenial yakni usia 27-42 tahun yang mendukung Prabowo di bursa capres 2024. Selain itu, Prabowo bahkan juga meraih hasil tertinggi di usia 59-79 tahun atau Generasi Baby Boomers dengan torehan suara sebanyak 41,3 persen.

Jumlah tersebut membuktikan eksistensi Prabowo di kalangan pemuda Indonesia meningkat sangat signifikan. Jabatannya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) juga mampu menambah tingkat popularitasnya sebagai capres 2024 mendatang.

"Prabowo cenderung konsisten tingkat popularitasnya di atas 90 persen," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Tingkat kesukaan masyarakat terhadap Prabowo juga sangat tinggi yakni sebesar 87,4 persen dalam hasil survei tersebut. Artinya, masyarakat memilih Prabowo sebagai presiden karena tingkat popularitasnya dan kesukaannya terhadap sosok dan karakter Menteri Pertahana (Menhan) tersebut.

"Orang enggak mungkin milih kalau enggak dikenal, dan kalau pun dikenal tapi tingkat kedisukaannya sedikit itu juga tidak mempengaruhi efek elektoral," pungkas Burhanuddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Intens Jokowi ke Prabowo

Dukungan intens yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki peluang besar untuk menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sosok Prabowo semakin gandrung di kalangan pendukung Jokowi.

Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan menilai kebersamaan Jokowi dan Prabowo semakin menciptakan dampak elektoral besar. Bahkan kian membawa keuntungan bagi Prabowo untuk Pilpres 2024 mendatang.

“Sinyal dukungan Pak Jokowi ke Pak Prabowo sejauh ini sangat intens sekali,” kata Yusak, ketika dihubungi, Rabu (26/7).

Dia menambahkan, bukan hanya sinyal dukungan Presiden Jokowi saja yang semakin menguat kepada Prabowo, namun hal itu juga diperlihatkan oleh para pendukung Jokowi di 2019 silam yang kini berbalik mendukung capres Partai Gerindra tersebut.

Menurut dia, banyaknya pendukung Jokowi pada 2019 yang kini berbalik mendukung Prabowo, lantara imbas dari tingkat kepuasan masyarakat orang tinggi terhadap Jokowi. Terlebih Prabowo termasuk dalam jajaran Menteri pada Pemerintahan saat ini.

“Approval rating Pak Jokowi masih cukup tinggi, bahkan lebih dari 70 persen,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.