Sukses

Respons Puan soal Ganjar Pakai Baju Garis Lurus Hitam Putih

Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam beberapa kesempatan terlihat mengenakan baju garis lurus hitam-putih. Baju itu disebut-sebut didesain langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam beberapa kesempatan terlihat mengenakan baju garis lurus hitam-putih. Baju itu disebut-sebut didesain langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani ikut merespons. Dia belum bisa berkomentar banyak karena masih melihat reaksi dari publik terkait dengan baju hitam putih tersebut.

"Kita lihat dulu apakah ini cocok apakah enggak cocok, kita lihat dulu," kata Puan Maharani di Stadion Manahan Solo, Minggu (23/7/2023).

Puan berharap busana yang dikenakan Ganjar Pranowo menjadi tren. Puan mengungkit kembali kemeja kotak-kotak yang menjadi ciri khas pakaian Jokowi ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla pada pemilu 2014.

"Waktu Pak Jokowi periode pertama dengan baju kotak-kotanya, kemudian dengan baju putihhya," ujar Puan.

Diketahui, baju garis hitam putih telah menjadi pakaian ciri khas dari Ganjar Pranowo. Baju tersebut banyak dipakai tokoh dan relawan yang mendukung Ganjar di pilpres 2024 mendatang.

Ganjar Pranowo bersama relawan tampak mengenakan baju garis lurus hitam-putih bersama relawan kala menghadiri acara silahturahmi 1 Muharam 1445 H Relawan Pendukung Ganjar, yang digelar di GSG Senayan, Rabu (19/5/2023).

Didesain Jokowi

Ganjar mengatakan desain baju garis hitam putih tersebut dibuat langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi memberikan desain baju yang saya pakai ini," kata Ganjar Pranowo di lokasi.

Ganjar juga menjelaskan alasan dirinya mengenakan baju tersebut. "Pak Ganjar kenapa hitam-putih? Saya jawab saya bukan abu-abu," kata Ganjar dalam pidato politiknya.

Ganjar menyebut, ide baju relawan atau baju kampanye itu datang langsung dari Presiden Jokowi saat keduanya makan siang bersama.

"Dalam obrolan makan siang dengan Pak Jokowi kami bicara banyak termasuk soal relawan," kata Ganjar.

"Akhirnya beliau sampaikan selembar kertas ke saya. Pak Ganjar mungkin ini bagus. Saya lihat, saya buka saya balik. Apa yang bagus itu adalah baju yang saya pakai ini. Bahkan beliau pun sangat perhatian soal baju sehingga merekomendasikan baju yang saya pakai ini," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gibran Pakai Baju Garis Hitam Putih saat Dampingi Ganjar

Wali Kota Solo sekaligus politisi PDIP Gibran Rakabuming Raka, terlihat mengenakan baju garis hitam putih saat mendampingi bakal calon presiden (bacapres) 2024 PDI-P Ganjar Pranowo membuka kegiatan jalan sehat di Taman Sunan Jogo Kali, Kecamatan Jebres, Kota Solo pada Minggu (23/7) pagi.

Gibran mengaku, baju tersebut merupakan baju pemberian dari Ganjar saat mendampingi pria berambut putih itu melawat ke Kabupaten Bogor kemarin.

"Kemarin ini malah yang memberi langsung Pak Ganjar ini, dijahitkan langsung beliau. Iya di Citeureup (Bogor)," ujar Gibran di Taman Sunan Jogo Kali.

Saat mendampingi Ganjar di Bogor, keduanya juga sempat berkendara dalam satu mobil dan ngopi bareng di sebuah warung kopi.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengungkapkan, diberi wejangan oleh Ganjar.

"Ada (wejangan). Ada pas sarapan diberi wejangan, banyak," ucap Gibran Rakabuming Raka.

Kendati demikian, Gibran tidak mengungkapkan terkait wejangan yang diberikan Ganjar kepadanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.