Sukses

Prabowo Subianto Dinilai Jadi Capres Potensial di Pilpres 2024, Mampu Tunjukkan Kapasitasnya

Pengamat politik Universitas Jember Agus Trihartono menilai Prabowo Subianto merupakan salah satu calon presiden (capres) yang potensial jelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Universitas Jember Agus Trihartono menilai Prabowo Subianto merupakan salah satu calon presiden (capres) yang potensial jelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Menurutnya, Prabowo adalah sosok pemimpin yang berkapasitas nasional.

Agus menilai, Menteri Pertahanan (Menhan) itu memiliki level yang jauh tinggi dibandingkan kandidat capres yang lain. Menurut dia, Prabowo saat ini sudah berbicara perihal strategis Indonesia secara umum, bukan lagi perihal konteks daerah.

"Dia juga sudah bicara tentang hal-hal yang strategis tentang Indonesia secara umum, dalam konteks Indonesia, bukan hanya konteks daerah," ujar Agus melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

Dia mengatakan, selain memiliki kapasitas nasional, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu juga kerapkali menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin yang mampu bersuara di level internasional.

Oleh karena itu, menurut Agus, gagasan-gagasan yang disampaikan oleh menteri andalan dan terbaik Presiden Jokowi itu cakupannya sudah internasional.

"Bahkan dia sudah berbicara di level internasional, artinya apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo itu cakupannya bukan hanya Indonesia tapi secara internasional," ungkap Agus.

Kemudian dia menilai, kapasitas Prabowo sebagai pemimpin memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilannya menjaga marwah Partai Gerindra tetap rukun dan solid menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Tak hanya sebagai ketua umum partai, kapasitas Prabowo di Kementerian Pertahanan juga mempunyai banyak catatan impresif. Setelah sukses memperkuat alutsista di Tanah Air, Prabowo juga mempunyai andil untuk menyekolahkan para taruna muda TNI ke Amerika Serikat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Capres 2024 yang Potensial

Oleh karena itu, Agus menegaskan Prabowo merupakan salah satu kandidat Capres potensial dalam menghadapi Pilpres 2024.

Terbukti dari rekam jejak di Kemenhan dan juga memimpin Partai Gerindra yang jauh dari intrik politik, sehingga membuatnya mempunyai peluang besar untuk memenangkan Pilpres Februari mendatang.

"Pak Prabowo itu perform, baik sebagai Ketum partai maupun sebagai menteri di Kemenhan," jelas Agus.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan Prabowo Subianto merupakan Calon Presiden (Capres) potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Menurutnya, Menteri Pertahanan itu memiliki tingkat akseptabilitas yang semakin meluas.

Tak hanya tingkat akseptabilitas, banyaknya dukungan dari berbagai latar belakang masyarakat, mengindikasikan Prabowo merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya.

"Semakin banyak dukungan pada Pak Prabowo, seperti Fahri Hamzah hingga Budiman Sudjatmiko menunjukkan bahwa tingkat “akseptabilitas” dari Prabowo sebagai Capres 2024 semakin meluas," kata Igor, dalam keterangannya, Kamis 20 Juli 2023.

 

3 dari 3 halaman

Dukungan untk Prabowo Subianto

Igor melanjutkan, dukungan kepada Prabowo tak hanya ada di kalangan akar rumput relawan Presiden Jokowi saja. Namun, dukungan kepada menteri andalan dan terbaik Presiden Jokowi itu juga mulai diberikan dari para aktivis 98, mulai dari Fahri Hamzah hingga Budiman Sudjatmiko.

"Tidak saja di akar rumput relawan Jokowi, tetapi juga meluas di kalangan para aktivis mulai dari Fahri Hamzah dan Budiman Sudjatmiko," lanjut Igor.

Tak berhenti sampai di situ, menurut Igor, dukungan yang paling mengejutkan tentu datang dari para kader partai PDI Perjuangan yang belakangan ini seperti memiliki kesan kuat mendukung dan memuji Prabowo.

Hal itu menurutnya semakin menguatkan bahwa Prabowo memang Capres potensial pada Pilpres 2024.

"Bahkan juga dari kalangan kader PDIP yang punya kesan kuat mendukung serta memuji Prabowo," ungkapnya.

Prabowo terbukti memiliki tingkat akseptabilitas yang tinggi di mata masyarakat luas. Menurut hasil survei yang dikeluarkan oleh Indonesia Network Election Survey (INES) periode 18-30 Juni 2023 lalu, Prabowo memiliki tingkat akseptabilitas tertinggi.

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu memiliki tingkat akseptabilitas sebesar 81,7 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan raihan akseptabilitas sebesar 60,8 persen.

Kemudian, pada posisi berikutnya ada Airlangga Hartarto dengan angka akseptabilitas sebesar 59,8 persen dan Anies Baswedan yang hanya meraup akseptabilitas sebesar 47,9 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.