Sukses

Pesan Ganjar ke Juru Kampanye: Jangan Sebar Hoaks, Tampilkan Data Apa Adanya

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah ini juga mengajak, para juru kampanye untuk tidak membawa politik identitas di setiap agenda kampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo meminta juru kampanye (jurkam) pemenangan agar tidak menyebarkan hoaks selama kampanye maupun memanipulasi data kepada masyarakat.

"Saya hanya titip saja pada kawan-kawan, satu tidak hoaks, dua tampilkan data-data dengan jujur tidak ada manusia yang sempurna, maka tampilkan apa adanya, karena itulah yang akan mengedukasi," kata Ganjar dilansir dari Antara, Senin (17/7/2023).

Ganjar juga meminta para juru kampanye menyampaikan ide, gagasan, pengalaman kepemimpinan, dan bukti-bukti capaian yang sudah dilakukan dirinya.

"Itu jauh lebih mengedukasi sehingga proses demokrasi, demokratisasi kita akan berjalan dengan baik," ucap Ganjar.

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah ini juga mengajak, para jurkam untuk tidak membawa politik identitas di setiap agenda kampanye.

"Kebersamaan kita sebagai anak bangsa akan betul kita jaga sehingga pemilu ke depan akan aman sampai menyenangkan, betul-betul ini adalah pesta, pesta demokrasi yang menyenangkan," kata dia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, pelatihan juru kampanye (jurkam) Ganjar Pranowo untuk membangun spirit dan alasan mendukung capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Hasto mengatakan hari ini peserta yang hadir akan digembleng untuk menjadi jurkam. Dia mengatakan para jurkam ini mayoritas anak muda, milenial dan Generasi Z.

"Kenapa yang muda karena target pemilih kita untuk bergerak meraih tenaga muda Indonesia," kata Hasto.

Sosok milenial yang turut hadir seperti Putri Ketua DPR RI Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau Pinka Hapsari. Hadir juga sejumlah milenial yang aktif di sosial media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tugaskan Tim Tujuh Masuk Timses Ganjar

Presiden Jokowi menugaskan tujuh orang sebagai juru kampanye dalam tim pemenangan Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Sejumlah nama tersebut hadir dalam Pelatihan Juru Kampanye yang digelar oleh empat partai pendukung yakni PDIP, Hanura, PPP dan Perindo di Inews Tower, Jakarta, Senin (17/7/2023).

"Ada tujuh orang yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi, tim tujuh agar mencapai tujuan pemenangan Pak Ganjar Pranowo," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela acara.

Namun, Hasto tidak membeberkan siapa saja tujuh orang jurkam tersebut. Hasto hanya  memastikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasyid hadir dan menjadi pembicara.

Andika dan Arsjad, lanjut Hasto, dinilai menjadi sosok yang bisa memahami kekuatan di akar rumput demi pemenangan Ganjar.

"Kalau Pak Andika dan Pak Arsyad ya kami berdiskusi juga dengan beliau, karena diperlukan juga yang sangat memahami karena PDI Perjuangan ini kan punya kekuatan grassroot yang ditambah juga dengan pengalaman yang luas," jelas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini