Sukses

Gus Imin Didukung Petani-Nelayan Trenggalek sebagai Presiden 2024

Gelombang dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) sebagai Presiden 2024 terus mengalir dari berbagai kalangan. Terbaru dukungan dari kalangan petani dan nelayan Kabupaten Trenggalek.

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) sebagai Presiden 2024 terus mengalir dari berbagai kalangan. Terbaru dukungan dari kalangan petani dan nelayan Kabupaten Trenggalek.

Gelombang dukungan ini tampak nyata saat Kopi Darat (Kopdar) ratusan petani dan nelayan Trenggalek di Desa Botoputih, Kecamatan Bendungan. Mereka menggelar dialog yang dipuncaki pernyataan bersama untuk mendukung Gus Imin sebagai the next president.

“Kami menilai Gus Imin mempunyai rekam jejak keberpihakkan yang nyata bagi kelompok petani dan nelayan. Keberpihakkan ini penting karena selama ini petani dan nelayan seringkali terpinggirkan dalam proses pengambilan kebijakan negara,” ujar Ketua Kegiatan Kopdar Petani dan Nelayan Trenggalek, Jemirin, Selasa (27/6/2023).

Jemirin menambahkan sektor pertanian dan nelayan merupakan tulang punggung bagi perekonomian negara. Mayoritas rakyat Indonesia merupakan petani dan nelayan. Ironisnya kelompok ini menjadi masyarakat paling rentan karena kesalahan tata kelola kebijakan negara. “Banyak kebijakan negara yang seolah berpihak ke petani dan nelayan tapi kenyataannya berbeda di lapangan,” katanya.

Dia menyebut beberapa persoalan petani yang tidak kunjung mendapatkan solusi dari waktu ke waktu. Di antaranya persoalan keterbatasan lahan petani, kebijakan pupuk bersubsidi yang amburadul, hingga minimnya serapan pasar saat masa panen.

“Pun begitu dengan nelayan yang merasa tidak mendapatkan perlindungan nyata dari pemerintah,” katanya.

Para petani dan nelayan, kata Jemirin dalam diskusi yang diadakan, menegaskan bahwa Gus Imin diyakini membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara Indonesia. Mereka mengakui bahwa sosok Gus Muhaimin memiliki kemampuan untuk mendukung dan memotivasi para petani dan nelayan.

"Awalnya, ini hanyalah sebuah diskusi kecil tentang perlunya kami, para petani dan nelayan, untuk menentukan sikap dukungan dan pilihan terhadap seorang Capres pada Pemilu 2024. Kami secara bulat mendukung Gus Muhaimin sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024. Karena beliau memiliki kemampuan untuk mendorong, mendukung, dan memotivasi kami, para petani dan nelayan," tutur Jemirin.

Dengan semangat yang meluap, ratusan petani dan nelayan Kabupaten Trenggalek telah menunjukkan dukungan kuat mereka untuk Gus Imin sebagai Calon Presiden 2024. Dalam perjalanan menuju Pemilu 2024, optimisme dan harapan terus membara untuk melihat perubahan positif yang akan datang bagi bangsa dan negara kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunitas Wong Cilik Dukung Gus Imin

Dukungan bagi Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) sebagai Presiden 2024 terus bergulir. Kali ini Komunitas Wong Cilik Jember mendeklarasikan dukungan bagi Gus Imin sebagai The Next President.

Komunitas Wong Cilik ini terdiri dari gabungan kelompok profesi informal yang digeluti sebagian masyarakat Jember. Mereka terdiri dari komunitas tukang becak, pelaku seni budaya Jaranan, pedagang motor bekas, kelompok silat Cimandek, komunitas motor, hingga persatuan tukang pangkas rambut. Mereka berkumpul dan mendeklarasikan dukungan bagi Gus Imin sebagai Presiden 2024 di Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Sabtu (24/6/2023).

“Kami menilai Gus Imin adalah sosok pemimpin nasional yang mempunyai rekam jejak untuk peduli terhadap nasib wong cilik. Maka sudah sewajarnya jika kami layak mendukung beliau sebagai Presiden selanjutnya,” ujar Koordinator Komunitas Wong Cilik Jember, Purnomo, di sela acara deklarasi.

Pria yang berprofesi sebagai tukang becak ini mengatakan, Gus Imin dan PKB telah banyak berkontribusi bagi lahirnya berbagai regulasi maupun program untuk wong cilik. Di antaranya pembelaan terhadap nasib nelayan pengguna cantrang, pembelaan terhadap warga yang terlibat konflik agraria, hingga lahirnya regulasi untuk wong cilik seperti UU Pesantren dan ketentuan adanya dana abadi pesantren.

“Mayoritas yang diperjuangkan oleh Gus Imin dan PKB merupakan bentuk keperpihakkan terhadap wong cilik. Maka kami merasa ada yang mewakili nasib kami di pusat,” katanya.

Purnomo mengatakan deklarasi dukungan kepada Gus Imin merupakan hasil obrolan dari sesama wong cilik di Kabupaten Jember. Menurutnya, deklarasi dukungan kepada Gus Imin akan ditindaklanjuti dengan langkah pemenangan seperti menyosialisasikan sosok cicit pendiri NU KH Bisri Syansuri tersebut ke jaringan wong cilik di Jember dan sekitarnya.

“Kami sadar perjuangan agar Gus Imin sebagai Presiden 2024 ini cukup berat, maka kami berkomitmen untuk bekerja lebih giat dalam menyosialisasikan Gus Imin sehingga mendapat dukungan besar dari mayoritas warga Jember dan sekitarnya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.