Sukses

Eks Ketua BEM UI Maju Jadi Caleg pada Pemilu 2024, Perindo Harap Tetap Terus Kritis

Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Manik Marganamahendra mendeklarasikan keikutsertaannya di kontestasi Pileg DPRD DKI Jakarta menjadi caleg pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi sayap partai Perindo, Pemuda Perindo menggelar diskusi publik dengan tema 'Publik Gak Percaya Partai Politik? Pemuda Harus Apa?' di Warunk WOW KWB, Jakarta Selatan, Sabtu malam 17 Juni 2023.

Dalam momentum itu, mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Manik Marganamahendra mendeklarasikan keikutsertaannya di kontestasi Pileg DPRD DKI Jakarta menjadi caleg pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

"Penting bagi kita pemuda untuk muncul dalam kursi parlemen demi menciptakan ekosistem politik yang baik. Kita membutuhkan kesadaran kolektif," ujar Manik, Sabtu malam 17 Juni 2023.

Manik yang merupakan calon legislatif (caleg) daerah pemilihan 6 Jakarta Timur ini meyakini transformasi negara membutuhkan partisipasi kaum muda. Dia menilai, pemuda harus diberi kesempatan menentukan kebijakan negara.

"Tentunya selain melibatkan, kita perlu ada pengawalan para pemuda yang memutuskan masuk politik, hingga pada akhirnya aspirasi yang disampaikan dapat masuk ke meja bundar. Jika diamanahkan sebagai legislatif, nantinya saya butuh pengawalan dan kritikan agar check and balance selalu berjalan," jelas Manik.

Dibuka oleh Diska Resha Putra selaku Sekjen DPP Pemuda Perindo, forum diskusi tersebut turut menjadi momentum menuju Pileg dan Pilpres 2024.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber anak-anak muda lainnya, seperti Ketua Harian DPP Pemuda Perindo Michael Victor Sianipar, Politisi Muda Partai Demokrat Farhan Aziz, Ketua BEM KEMA UNPAD 2022 Viridan Aurellio, serta Tokoh Pemuda Gagasan Indonesia Rana Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Majunya Caleg Pemuda

Diskusi tersebut dihadiri berbagai kalangan seperti pelajar dan mahasiswa, LSM, komunitas, organisasi sayap berbagai partai, dan organisasi mahasiswa eksternal.

"Sosok kritis dan berani seperti Manik adalah udara segar bagi politik Indonesia. Kita butuh regenerasi, energi baru yang fresh," ujar Michael Sianipar yang juga menyambut hadirnya Manik di Perindo.

"Harapan kami ke Manik, jangan mengurangi kekritisannya. Perindo terbuka terhadap kritik dan mau pemuda kritis mendapat ruang luas untuk mengekspresikan baik harapan dan keresahan mereka terhadap kondisi masyarakat," tambah Michael.

Kemudian, Ketua Umum DPP Pemuda Perindo Effendi Syahputra turut menekankan pentingnya peran pemuda. Effendi mengajak aktivis dan pemuda kritis lainnya untuk bergabung di politik.

"Saya pernah turut andil menjadi bagian reformasi tahun 1998, sama seperti Manik yang selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat di jalanan. Reformasi tetap harus dilanjutkan. Dari itu saya berharap politik ini berjalan mulia ke depannya," jelas Effendi.

Penutupan kegiatan diskusi ditandai dengan deklarasi Manik Marganamahendra mengikuti kontestasi Pileg DPRD DKI Jakarta. Secara simbolis, Effendi menyematkan jaket partai berlambang burung garuda tersebut kepada Manik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.