Sukses

PAN Siap Berkoalisi dengan PDIP Asalkan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan diterima atau tidaknya nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden menjadi pertimbangan PAN untuk berkoalisi dengan PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo. PAN telah menyodorkan nama Erick sebagai cawapres Ganjar.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan diterima atau tidaknya nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden menjadi pertimbangan PAN untuk berkoalisi dengan PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo. PAN telah menyodorkan nama Erick sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

"Betul, betul (kursi cawapres menentukan PAN koalisi dengan PDIP)" ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Yandri mengatakan PAN telah mengusulkan nama Erick Thohir sebagai pendamping Ganjar langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta usulan PAN itu untuk dibahas lebih lanjut.

"Mbak Mega sampaikan perlu dibahas lebih lanjut. Nah, saya kan bukan penerjemah Mbak Mega kan, apakah dia sreg atau tidak (cawapres Erick Thohir), saya bukan di situ," kata Yandri.

"Tapi intinya kami sudah menyampaikan secara gamblang bagian yang kami ajukan itu, tidak kami tutup-tutupi itu Erick Thohir. Sama dengan Prabowo, kita tawarkan Erick Thohir," jelasnya.

Sebelumnya, pertemuan PDI Perjuangan dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pada Jumat (2/6/2023) ternyata turut membahas nama cawapres. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan nama Menteri BUMN Erick Thohir disodorkan PAN untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

"Ya nama seperti Pak Erick Thohir memang diusulkan oleh PAN untuk sebagai salah satu bakal calon wakil presiden," kata Hasto ditemui di kawasan GBK, Jakarta Pusat, Minggu (4/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan PAN Usung Erick Thohir Jadi Cawapres

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, PAN Semakin dekat dengan Erick Thohir untuk diusung sebagai bakal cawapres 2024. Menurutnya, elektabilitas Erick Thohir menunjukkan tren kenaikan.

"Dari tren survei tadi, artinya yang kami gadang-gadang ini cocok sekali. Bang Erick Thohir dengan suara tertinggi walaupun beda tipis dengan Bang Ridwan Kamil," kata Yandri, Minggu, 4 Juni 2023.

Dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir memperoleh elektabilitas tertinggi pada simulasi 22 dan 18 nama bakal cawapres. Untuk simulasi 22 nama bakal cawapres, Erick memperoleh dukungan 14,8 persen, dan tingkat keterpilihan mencapai 15,5 persen untuk simulasi 18 nama.

Yandri menilai Erick Thohir adalah figur berkualitas dan memiliki banyak pengalaman sehingga layak menjadi kandidat cawapres 2024. Menurut dia, salah satu faktornya karena kepiawaian memimpin PSSI, karena penggemar sepak bola di Indonesia tergolong besar.

"Sepak bola (bagi masyarakat) di Indonesia seperti agama kedua. Jadi, anak kecil, tua-muda, laki-perempuan, di desa-di kota senang dengan sepak bola," ujar Yandri.

Dia menilai kinerja Erick yang baik, membuat hal yang mustahil menjadi terjadi seperti keberhasilan tim nasional sepak bola Indonesia menjadi juara di SEA Games 2023.

Selain itu, menurut Yandri, banyak pihak yang menilai tidak mungkin timnas Argentina datang ke Indonesia. Namun ternyata tanggal 19 Juni 2023, Lionel Messi dan kawan-kawan akan datang ke Jakarta menjalani laga persahabatan dengan timnas Indonesia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.