Sukses

Tawari Cawapres untuk Ganjar Pranowo, PPP Siapkan Sandiaga Uno

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengajukan nama Menparekraf Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden pendamping bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengajukan nama Menparekraf Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden pendamping bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Nama-nama bakal calon wakil presiden itu akan dibahas bersama dengan PDIP pada bulan Juni.

"Pak Sandi (Sandiaga Uno) selama ini sudah komunikasi sering juga jalan bareng surveinya jg bagus dan sering disebut-sebut. Itu bagi kami ya PPP. Tentu nanti ada tahapan-tahapan berikut makanya saya sampaikan nama atau nama-nama. Salah satunya Pak Sandi," ujar Sekjen PPP Arwani Thomafi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Dia mengungkapkan, Sandiaga saat ini rajin berkomunikasi dengan PPP. Kerap melakukan agenda bersama, hingga sebentar lagi akan menjadi kader.

"Yang sudah selama ini kami jalin komunikasi lalu sudah sering berkegiatan bersama sudah seperti keluarga PPP. Atau InsyaAllah juga akan menjadi keluarga besar PPP," kata Arwani.

PPP dan PDIP akan bersama-sama membahas nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Proses itu akan dilakukan pada bulan Juni mendatang.

"Kami hanya menyampaikan bahwa Juni nanti PPP akan lakukan langkah konkret untuk memantapkan kerja sama politik antara PPP dan PDIP. Kalau kemarin bulan lalu kami dalam tahap capres, maka untuk memantapkan, konkretkan, tahapan setelah capres ya, cawapres," kata Thomafi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Dinilai Cawapres Paling Cocok untuk Prabowo Subianto

Sosok bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo dipilih publik sebagai tokoh yang cocok sebagai cawapres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Hal ini terekam dalam hasil survei Litbang Kompas yang dirilis Rabu (24/5/2023).

14,5 persen responden memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden yang cocok mendampingi Prabowo . Sosok berikutnya yang dinilai cocok mendampingi mantan Danjen Kopassus itu adalah Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka 13,5 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di urutan berikutnya sebagai tokoh yang cocok mendampingi Prabowo dengan angka 10,9 persen. Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan juga masih dipilih publik sebagai pendamping Prabowo dengan angka 10,7 persen.

Sosok Menteri BUMN Erick Thohir mengalami kenaikan sebagai bakal calon wakil presiden untuk Prabowo. Dari 4,9 persen pada survei Januari 2023, menjadi 7,5 persen pada Mei 2023. Sementara muncul juga nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan angka 7,2 persen.

Tokoh lainnya di bawah angka 5 persen, sementara yang merahasiakan jawabannya atau tidak memilih sebesar 26,79 persen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.