Sukses

Resmi Usung Anies Jadi Capres 2024, Presiden PKS: Rekam Jejak Mumpuni

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa partainya punya parameter dalam menentukan calon presiden (capres) 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa partainya punya parameter dalam menentukan calon presiden (capres) 2024. Setidaknya, kata Syaikhu ada tiga parameter yang ditetapkan dan itu ada di Anies Baswedan.

"Kami memandang bahwa ada tiga parameter yang menjadi guidance (panduan), itu dimiliki oleh bapak Anies Rasyid Baswedan," kata Ahmad Syaikhu di DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Parameter itu antara lain berkarakter nasionalis religius. Kedua dapat menjadi simbol perubahan dan perbaikan. Ketiga sosok yang punya peluang menang yang sangat besar.

"Pertama, saudara Anies Rasyid Baswedan sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius. Kita menyaksikan bahkan beliau memiliki darah birunya karena kakek beliau merupakan pahlawan nasional AR Baswedan," terang Syaikhu.

Dia berharap Anies juga dapat menjadi teladan bangsa sebagaimana kakeknya Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan. Syaikhu menyebut kakak Anies sebagai sosok pejuang bahkan ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Jadi kita yakin mudah mudahan darah biru dari kakek beliau ini sebagai pejuang yang Alhamdulillah mendapat gelar pahlawan nasional akan menurun dan diwarisi oleh saudara Anies Rasyid Baswedan," kata dia.

Kedua, kata Syaikhu Anies dinilai sebagai sosok pemimpin yang bisa memadukan antara nilai-nilai nasionalisme dengan religiusitas. Dua nilai itu disebut Syaikhu dapat disatukan oleh Anies menjadi satu kesatuan yang padu dan utuh.

"Agama menjadi inspirasi bagi nasionalisme dan nasionalisme memuliakan peran-peran agama," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Anies

Terakhir, dia menjelaskan bahwa rekam jejak Anies yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta dinilai mumpuni. Syaikhu menuturkan bahwa selama Anies memimpin DKI Jakarta, PKS menilai Anies telah membawa kemajuan dalam pembangunan Ibu Kota.

"Saya yakin betul saudara Anies Rasyid Baswedan ini tidak hanya memiliki kapasitas dan integritas. Melainkan juga memiliki peluang menang yang besar dalam kontestasi Pemilu di tahun 2024, Pilpres 2024," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.