Sukses

Update Hasil Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024 Hari Ini

Lembaga survei Public Opinion and Policy Research (Populi) Center merilis survei terbaru capres yang akan bertarung di Pemilu 2024 pada Senin 26 Juni 2023. Anies Baswedan urutan berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Public Opinion and Policy Research (Populi) Center merilis survei terbaru capres yang akan bertarung di Pilpres 2024

Hasilnya, Ganjar Pranowo memperoleh suara 35,8 persen suara dari total 1.200 responden, sementara Prabowo Subianto 33,4 persen, dan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 23,2 persen.

“Elektabilitas tiga tokoh yang kemungkinan besar saling bergelut dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Tiga tokoh, Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies, elektabilitas tertinggi diperoleh Ganjar Pranowo 35,8 persen,” kata peneliti Populi Center Hartanto Rosojati pada Senin 26 Juni 2023.

Dalam survei yang sama, Populi Center juga mengajukan pertanyaan terbuka ke 1.200 responden. Hasilnya, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo masih menempati urutan teratas dengan perolehan 21,9 persen suara, diikuti oleh Prabowo Subianto 19,3 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Joko Widodo 6,3 persen, Ridwan Kamil 1,3 persen, dan Mahfud MD 0,7 persen.

Nama Presiden Jokowi masih masuk dalam daftar karena Populi Center mengajukan pertanyaan terbuka ke para responden, artinya lembaga survei tidak membatasi responden dengan nama-nama tokoh yang harus dipilih.

Sementara itu, hasil dari pertanyaan terbuka untuk tingkat keterpilihan calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Uno menempati urutan pertama dengan perolehan 9,8 persen, diikuti oleh Ridwan Kamil 7,5 persen, Erick Thohir 5,9 persen, Mahfud MD 4,7 persen, Anies Baswedan 4,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,9 persen, Ganjar Pranowo 2,9 persen, Prabowo Subianto 2,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,5 persen, dan Ma’ruf Amin 1,1 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi Y Publica 1 Juni 2023

Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan berada di urutan ketiga hasil survei pilpres 2024 yang dilakukan Y-Publica pada Kamis 1 Juni 2023. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meraih elektabilitas sebesar 17,2 persen.

Sementara, elektabilitas Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas, yakni sebesar 25,3 persen.

Calon presiden yang diusung PDIP dan PPP Ganjar Pranowo menyusul di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 24,0 persen.

“Prabowo menumbangkan Ganjar yang selama setahun terakhir berada pada posisi unggul, sedangkan Anies tertinggal jauh di peringkat ketiga,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

Menurut Rudi, tergesernya posisi Ganjar menjadi dampak dari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Kemarahan publik terarah pada Ganjar, diikuti dengan penurunan elektabilitas pada awal April 2023.

Keputusan PDIP untuk mempercepat deklarasi pencapresan Ganjar sedikit menahan anjloknya elektabilitas Ganjar.

Di sisi lain, tutur Rudi, sikap cawe-cawe Jokowi juga bisa membuat dukungan terhadap Anies terus melemah.

Nama-nama lain yang beredar dalam bursa capres memiliki elektabilitas jauh di bawah, di antaranya Ridwan Kamil (5,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4,7 persen), Puan Maharani (4,3 persen), Sandiaga Uno (3,5 persen), dan Erick Thohir (2,8 persen).

Kemudian ada Khofifah Indar Parawansa (1,7 persen), Airlangga Hartarto (1,4 persen), dan Gibran Rakabuming Raka (1,0 persen).

Survei Y-Publica dilakukan pada 21-27 Mei 2023 kepada 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.  Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

3 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi Litbang Kompas 24 Mei 2023

Litbang Kompas kembali merilis hasil survei terbaru soal elektabilitas calon presiden pada Pilpres 2024 pada Rabu 24 Mei 2023.

Hasilnya, elektabilitas Prabowo berada di urutan teratas dengan angka 24,5 persen. Menyalip Ganjar yang berada di urutan kedua dengan angka 22,8 persen.

Sementara itu, bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan di urutan ketiga dengan elektabilitas 13,6 persen.

Elektabilitas Prabowo mengalami kenaikan cukup tinggi. Dari 18,1 persen pada Januari 2023 menjadi 24,5 persen pada Mei 2023.

Ganjar mengalami penurunan elektabilitas cukup tajam. Dari 25,3 persen pada Januari 2023 menjadi 22,8 persen pada Mei 2023.

Penurunan elektabilitas Ganjar ini diduga disebabkan karena sikap penolakan terhadap kedatangan Israel berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ramainya penolakan terhadap Israel itu berujung dicabutnya hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Bagaimanapun, pernyataan Ganjar yang menolak tim sepak bola Israel main di Piala Dunia U-20, yang kemudian dikaitkan dengan kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah pergelaran internasional tersebut, berpengaruh pada laju elektabilitasnya," tulis Litbang Kompas.

Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan cenderung mengalami stagnasi. Perubahannya dari 13,1 persen pada Januari 2023 menjadi 13,6 persen pada Mei 2023.

Litbang Kompas menggelar wawancara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023. Survei ini memiliki responden sebanyak 1200 dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat

4 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024 Versi LSI Denny JA

Calon presiden yang di usung Partai Nasdem, PKS dan Demokrat Anies Baswedan berada di urutan ketiga hasil survei  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 3-14 Mei 2023.

Anies mendulang elektabilitas 20,8 persen, tertinggal dari dua capres lainnya, yakni Prabowo di urutan pertama dengan elektabilitas 33,9 persen, dan Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan angka 31,9 persen.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby  menyebutkan empat alasan yang membuat elektabilitas Prabowo berhasil mengalahkan Ganjar dan Anies.

Pertama, mayoritas responden menginginkan sosok kepemimpinan kuat sehingga mampu menumbuhkan perekonomian Indonesia.

Kedua, elektabilitas Prabowo juga semakin meningkat karena sejumlah pendukung Ganjar berpindah memilih Prabowo karena dianggap lebih berkarakter nasionalis. Selanjutnya, posisi Prabowo sebagai menteri berhasil memperkuat citranya sebagai capres yang mampu mengelola pemerintahan.

"Keempat, Prabowo dinilai menjadi tokoh sentral yang banyak diterima oleh berbagai spektrum politik," kata Adjie, Jumat, 19 Mei dikutip dari Antara.

Survei LSI Denny JA itu dilakukan melalui tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden dari seluruh Indonesia dengan ambang batas kesalahan survei tersebut sebesar 2,9 persen.

Selain menerapkan metode kuantitatif, LSI Denny JA di dalam surveinya juga memperkaya informasi dan analisis dengan menerapkan metode kualitatif, seperti analisis media, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terpumpun.

 

 

5 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024 Versi LSI 3 Mei 2023

Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil survei elektabilitas terbaru pada Rabu 3 Mei 2023.

Hasilnya, calon presiden yang Nasdem, PKS dan Demokrat Anies Baswedan nangkring di urutan ketiga dengan 13,1 persen. Angka ini naik dari 12,1 persen pada awal April. Sementara elektabilitas Anies pada Januari 2023 sebesar 9,4 persen.

"Anies Baswedan dibanding Januari cenderung mengalami penguatan, tapi tidak setinggi yang dimiliki Pak Prabowo," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Lantas siapa di urutan pertama? Jawabannya adalah Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra ini elektalibitasnya tertinggi dengan angka 18,3 persen, naik dari awal April 14,8 persen. Dibandingkan Januari 2023 lalu, Prabowo hanya memiliki elektabilitas sebesar 8,8 persen.

"Pak Prabowo sejak Januari 2023 sampai April terus mengalami penguatan," ujarnya. 

Sementara itu, Ganjar Pranowo trennya sempat mengalami penurunan sebelumnya, tetapi akhirnya naik kembali di pertengahan April 2023 berada di urutan kedua.

Saat ini elektabilitas Ganjar 16,2 persen. Sementara sebelumnya hanya 11,7 persen pada survei telepon di awal April 2023. Pada Januari 2023, elektabilitas Ganjar sempat mencapai angka 16 persen.

"Pak Ganjar mengalami penurunan dari Februari ke awal April, tapi kemudian menguat kembali dari awal April ke pertengahan April," ungkap Djayadi.

LSI menggelar survei wawancara tatap muka pada 12-17 April 2023. Populasi survei dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling sebanyak 1220 responden. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95

6 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi SMRC

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terbaru elektabilitas calon presiden yang akan bertarung di Pilpres 2024, Sabtu 15 April 2023.

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat merosot elektabilitasnya pasca dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, tampil di urutan teratas dengan persentas 16,5 persen. Unggul sangat dekat dengan perolehan suara Prabowo Subianto, 16,3 persen.

Sementara, calon presiden yang diusung Nasdem, PKS dan Demokrat Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan 9,8 persen.

Di urutan berikutnya ada nama Joko Widodo 9,2 persen; Ridwan Kamil 1,6 persen; dan nama-nama lain di bawah 1 persen. Dalam format ini, masih ada 42,2 persen yang belum menjawab.

Direktur Riset SMRC,Deni Irvani menyatakan, populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 79% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1216 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Survei terakhir dilakukan pada 11 – 14 April 2023.

7 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi PolMark 3 April 2023

CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah membeber hasil terbaru survei calon presiden pada Pilpres 2024, di Jakarta pada Jumat 31 Maret 2023.

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan teratas dengan elektabilitas mencapai 22,8 persen.

Elektabilitas Ganjar, diikuti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di urutan kedua dan ketiga. Prabowo meraih elektabilitas 17,4 persen dan Anies 13,9 persen.

Nama lainnya, ada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di urutan keempat dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di urutan lima besar. Emil mendulang elektabilitas 5,2 persen, sedangkan Cak Imin 4,8 persen.

Survei yang dilakukan oleh PolMark Indonesia ini diadakan sejak 23 Januari 2023 hingga 19 Maret 2023. Survei ini dilakukan di 78 Dapil meliputi 62.480 responden.

Responden survei adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih, yaitu sudah berusia 17 tahun dan/atau sudah menikah. Responden diambil secara random dengan metode multistages random sampling dengan margin of error agregat survei ini adalah +/- 0,4%.

Seluruh responden yang disurvei per Dapil diambil dengan menimbang proporsi jumlah pemilih per Kabupaten/Kota di Dapil tersebut. Jumlah responden menunjukkan proporsi besaran pemilih Kabupaten/Kota tersebut.

Seluruh responden dipastikan diwawancara secara langsung melalui wawancara tatap muka oleh pewawancara yang sudah mendapatkan pelatihan secara khusus untuk menjaga kualitas wawancara dan hasil survei secara keseluruhan.

Selain itu, untuk menjaga hasil survei juga dilakukan quality control dengan melakukan spot checks, yaitu pengecekan ulang ke lapangan terhadap 20% responden yang sudah diwawancara, yang dipilih secara acak. Quality control juga diperkuat dengan mengontak ulang melalui telepon seluruh responden yang berkenan memberikan nomor kontak mereka saat wawancara.

 

8 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi Indikator Politik Indonesia 26 Maret 2023

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden di Pemilu 2024 pada Minggu 26 Maret 2023.

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ada di peringkat pertama dengan raihan elektablitas sebesar 36,8 persen.

Bagaimana dengan Anies Baswedan?

Bakal calon presiden yang diusung oleh Nasdem, PKS dan Demokrat itu nangkring di urutan ketiga dengan elektabilitas 26,8 persen. Elektabilitas Anies kalah dari Prabowo yang mendapat elektabilitas 27 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menyebut tiga teratas capres tersebut sulit digeser okeh kandidat capres lainnya. “Top 3 sulit digeser, karena merera punya kedikenalan besar dan punva basis besar,” kata dia.

Sedangkan untuk cawapres, nama Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam salah satu nama dengan raihan tertinggi atau naik signifikan.

“Terkait preferensi publik terhadap calon wakil presiden, Erick Thohir tampak menunjukkan perubahan paling positif ketimbang nama-nama lainnya,” kata Burhanuddin 

Adapun survei dilakukan dalam dua periode. Survei dilakukan pada periode Februari dan Maret 2023. Pada periode pertama, dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Kedua, jajak pendapat berlangsung pada 12-18 Maret, menempatkan 800 responden. 

Margin of error 2,9 dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

9 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi Median 28 Februari 2023

Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden pada Pilpres 2024, pada 28 Februari 2023. 

Hasilnya, calon presiden yang diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan Demokrat, Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan prosentase elektabilitas sebesar 17,9 persen.

Lantas, siapa di urutan pertama?

Bakal capres Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama. Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini meraih elektabilitas sebesar 20,5 persen.

Di urutan kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendulang elektabilitas sebesar 18,9 persen.

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat kejutan dengan meraih elektabilitas sebesar 9 persen. Ridwan Kamil berada satu trip di atas Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berada di urutan kelima dengan elektabilitas 3 persen.

Di luar lima besar ada nama-nama tokoh lain, seperti Airlangga Hartarto, Eric Thohir, Muhaimin Iskandar, Andika Perkara, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, Anis Matta. 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median Rico Marbun menyatakan, survei Median dilakukan dengan menggunakan rancangan nonprobability sampling, kuesioner disebarkan melalui Facebook dengan target pengguna aktif facebook berusia 17-60+.

Form Pertanyaan disebar secara proporsional terhadap populasi dan tersebar di akun Facebook di 38 Provinsi.

Hasilnya terkumpul sebanyak 400 responden yang tersebar di 38 Provinsi yang diambil tanggal 22-26 februari 2023.

Sementara hasil survei dimaksudkan untuk menggali persepsi penggunamedia sosial atau warganet. Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial maka survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsipopulasi secara keseluruhan

 

 

10 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Versi Litbang Kompas 22 Februari 2023

Ada survei terbaru untuk elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024. Kali ini dari Litbang Kompas yang dirilis pada 22 Februari 2023. Di urutan berapakah Anies berada dibandingkan dengan capres lainnya?

Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 13,1 persen. Bakal calon presiden yang diusung Nasdem, Demokrat dan PKS rupanya turun dibanding sebelumnya pada Oktober 2022. Saat itu Anies Baswedan yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta ini berada di angka 16,5 persen.

Lalu siapa capres yang ada di atas Anies? Survei elektabilitas capres Litbang Kompas Januari 2023 ini menempatkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di posisi pertama. Perolehan angkanya 25,3 persen. Elektabilitas Ganjar meningkat setelah pada Oktober 2022 di angka 23,2.

Sementara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan 18,1 persen.

Setelah Ganjar, Prabowo, dan Anies, di urutan keempat ada Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ridwan mengalami kenaikan elektabilitas di angka 8,4 persen dari sebelumnya 8,5 persen pada Oktober 2022.

Tokoh lainnya yang memiliki elektabilitas di atas 1 persen yaitu, Sandiaga Uno (1,6 persen), Andika Perkasa (1,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), Tri Rismaharini (1 persen). Tokoh lainnya dalam survei Litbang Kompas ini memiliki elektabilitas di bawah 1 persen.

Litbang Kompas menggelar survei melalui wawancara tatap muka pada 25 Januari-4 Februari 2023. Jumlah responden 1.202 orang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

11 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024 Versi LSI 22 Januari 2023

Elektabilitas menjadi hal penting pada pencalonan presiden pada pemilu 2024. Elektabilitas yang tinggi diyakini akan membuka lebar-lebar peluang menang pada kontestasi pilpres.

Sebagai salah satu calon yang dipastikan sudah mengantongi tiket maju pilpres 2024, elektabilitas Anies Baswedan juga turut menjadi sorotan. Sejumlah lembaga survei menempatkan calon yang dicukung Nasdem, Demokrat dan PKS itu di urutas atas pada hasil surveinya.

Terbaru, pada survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada 22 Januari 2023, elektabilitas Anies berada di urutan kedua (24.2 persen) di bawah Ganjar Pranowo (36.3). Sementara Capres lain, Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan 23,2 persen. 

“Ganjar tertinggi sementara Prabowo-Anies pada Januari 2023 saling kejar atau kompetitif,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Minggu (22/1/2023).

Djayadi menyebut hasil survei menunjukkan preferensi publik terhadap calon presiden Pilpres 2024 mendatang. Persaingan terkuat ada pada Ganjar, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Adapun survei dilakukan pada 7-11 Januari 2023 kepada 1221 responden dipilih melalui nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

12 dari 12 halaman

Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Pilpres 2024 Versi LSN 14 Januari 2023

Sementara itu, Lembaga Survei Nasional (LSN) pada rilis survei terakhirnya, 14 Januari 2023, menyebut elektabilitas Anies berada di urutan kedua di bawah Prabowo Subianto. Sementara Ganjar diperingkat ketiga.

“Pertempuran paling sengit, yakni di Pulau Jawa.  Salah satu temuan LSN yang menarik dari survei kali ini adalah bahwa Jawa Barat masih dikuasai Prabowo Subianto. Jika Pilpres dilaksanakan saat ini,” kata Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara, Sabtu (14/1/2023).

Dari survei LSN, diketahui Anies unggul di DKI Jakarta. Rekam jejak sebagai gubernur selama lima tahun mampu menjatuhkan pilihan warga Ibu Kota kepadanya.

“Anies Baswedan hanya unggul atas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di DKI Jakarta. Sebanyak 40,5% responden yang menjadi warga DKI mengaku akan memilih Anies. Sementara itu elektabilitas Prabowo dan Ganjar di tanah Betawi ini bersaing ketat. Prabowo dipilih oleh 27,4% responden sedangkan Ganjar didukung oleh 26,9% responden. Sedangkan sisanya (5,2%) belum punya pilihan (undecided),” urai Gema.

Reporter: Delvira Hutabarat, Radityo Priyo Asmoro 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.