Sukses

Patut Ditiru, 3 Paslon Pilkada Serentak Ini Akui Kekalahan dan Keunggulan Lawannya

Inilah nama-nama peserta Pilkada Serentak yang mau mengakui kekalahan serta keunggulan dari lawan-lawannya lewat hasil hitung cepat lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta Menang kalah dalam sebuah kompetisi hal biasa. Tak terkecuali dalam pesta demokrasi seperti sebesar pemilhan kepala daerah (Pilkada) Serentak. 

Menjadi hal tak biasa jika kekalahan dalam Pilkada sampai membuat pasangan calon atau paslon mengerahkan massa untuk menyatakan bentuk kekecewaan. 

Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ada tempat bagi paslon peserta Pilkada 2020 apabila masih ada yang belum menerima kenyataan lawannya menang dengan pencapaian suara terbanyak menurut hasil hitung cepat maupun real count. 

"Paslon silakan gunakan jalur-jalur hukum. Jangan kerahkan massa untuk menyatakan kekecewaan karena kalah bersaing dengan paslon lain," kata Ketua Bawaslu Abhan dalam keterangan pers, Kamis (10/12/2020).

Namun, tak sedikit pula para calon pemimpin daerah yang mau mengakui kekalahan serta keunggulan dari lawan-lawannya. 

Berikut ini tiga pasangan calon Pilkada Serentak yang mau menerima kekalahan usai hasil hitung cepat melambungkan angka lawannya:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muhamad-Saraswati Akui Keunggulan Benyamin-Pilar

Setelah Paslon Azizah dan Ruhamaben mengakui kekalahan dan kemenangan petahana di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel), kali ini giliran Paslon Muhammad-Rahayu Saraswati mengakui kemenangan petahana Benyamin Davnie - Pilar Saga.

"Ya sementara ini, sekarang berdasarkan hasil seluruhnya semuanya seperti itu, kalau pasangan Benyamin-Pilar unggul dan kami akui itu," kata Muhammad, di Sekretariat Bersama, Serpong, Kamis (10/12/2020).

Saat ini langkah yang akan diambil pihaknya adalah evaluasi bersama tim, dan bila nantinya terdapat kecurangan atau kesalahan maka pihaknya akan menyerahkan kepada tim.

"Kita evaluasi, kalau ada kesalahan, kecurangan ya kita serahkan ke tim. Tapi, saya juga berterima kasih kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungannya sejauh ini," ujar Muhammad.

Rahayu Saraswati mengungkapkan, bila dirinya mengakui hasil sementara tersebut. Dia pun juga mengajak agar tidak perlu malu dan mencari kesalahan atas hasil akhir.

"Kita tidak perlu malu atas hasil yang ada. Dan, saya apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh relawan yang tulus ikhlas memperjuangkan Tangsel untuk semua dan kalian hebat terutama kekuatan muda dan ibu ibu yang mendukung saya," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Keponakan JK Ucapkan Selamat ke Rivalnya

Pasangan calon (paslon) urut 2 di Pilkada Makassar, Munafri Arifuddin- Abdul Rahman Bando mengucapkan selamat atas keunggulan paslon rivalnya, Mohammad Romdhan Pomanto- Fatmawati Rusdi dari hasil perhitungan cepat versi lembaga survei LSI (Lembaga Survei Indonesia), Rabu, 9 Desember 2020. 

"Kami mengucapkan selamat kepada paslon, Danny dan Fatma. Sore ini kita semua sudah melihat hasil quick count dan tabulasi perolehan suara milik kita. Hasilnya memang tidak jauh beda," kata Erwin Aksa, Ketua Tim Pemenangan paslon Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin- Abdul Rahman Bando di Gedung Menara Bosowa Makassar.

Tak hanya itu, Erwin tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh tim dan relawan atas kerja kerasnya selama ini berupaya memenangkan paslon yang dikenal dengan sebutan Appi-Rahman tersebut.

"Terima kasih atas kerja kerasnya dalam 4 bulan terakhir ini. Tentunya kita banyak belajar hal-hal positif dari proses demokrasi yang ada ini," ungkap Erwin.

Pihaknya juga memastikan untuk tidak mengajukan gugatan terkait hasil perhitungan suara di Pilkada Makassar periode 2020-2025 ini.

"Saya kira kami sudah ucapkan selamat. Sekarang saatnya kita berikan kesempatan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih ini untuk segera bekerja membenahi Kota Makassar yang kita cintai bersama ini," ucapnya.

Hal yang sama juga diucapkan calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin yang akrab disapa Appi. Ia mendoakan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Mohammad Romdhan Pomanto- Fatmawati Rusdi dapat menjadi pemimpin yang amanah serta kepemimpinannya ke depan bisa membawa Kota Makassar jauh lebih baik lagi.

4 dari 4 halaman

Azizah-Ruhamaben Akui Kemenangan Petahana

Pasangan calon (Paslon) wali dan wakil wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 2, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, akui kemenangan dan mengucapkan selamat kepada paslon nomor urut 3, Benyamin (Ben) Davnie - Pilar Saga Ichsan di Pilkada Tangsel 2020. 

"Kami ucapkan selamat kepada pemenang semoga lebih amanah dan tunggu hasil KPUD," kata Azizah, di posko pemenangan, Ciputat, Kota Tangsel, Rabu (9/12/2020).

Menurutnya pengakuan kemenangan kepada petahana berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count terlihat jelas. Berdasarkan hitung cepat, paslon nomor 2 mendapat 23,58 persen suara. 

"Kami pasangan Azizah-Ruhama sudah simak perkembangan dari detik ke detik untuk dapat kesimpulan yang terbaik dari perhelatan Pilkada Tangsel," katanya.

"Namun seperti yang saudara-saudara saksikan, baik yang real atau quick count, keberuntungan belum berpihak kepada kami. Sehingga demikian sampai KPUD memberikan hasil secara final nanti," lanjut Azizah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.