Sukses

Ketua DPR: Pastikan Protokol Kesehatan di Setiap Tahapan Pilkada

DPR juga mengimbau kepada penyelenggara pilkada, para kepala daerah, dan para calon kepala daerah agar turut berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk menyiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan patuh protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Setiap tahapan pilkada diharapkan dapat menyesuaikan dengan mekanisme pemilihan dan protokol kesehatan Covid-19. DPR mendorong Pemerintah dan seluruh jajaran stakeholder untuk mempersiapkan pelaksanaannya dengan sebaik-baiknya," kata Puan, saat saat membuka masa persidangan II tahun sidang 2020-2021, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (9/11/2020).

Puan melanjutkan, DPR RI juga mengimbau kepada penyelenggara pilkada, para kepala daerah dan para calon kepala daerah, pengawas pilkada, serta aparat keamanan negara agar turut berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020.

"Selalu berikan perhatian pada protokol kesehatan dalam setiap kegiatan Pilkada Serentak 2020," ujarnya.

Selain mengenai Pilkada, Puan juga menyampaikan tugas pengawasan DPR RI terkait komitmen memberikan atensi pada penanganan pandemi Covid-19 di berbagai bidang dan sektor.

"Komisi Komisi terkait akan memastikan bahwa regulasi, kinerja kelembagaan, kinerja program, mitigasi bencana, serta pengelolaan dana penanggulangan pandemi Covid-19 berjalan secara efektif, tepat sasaran, dan akuntabel," ujar Puan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

APBN

Lalu dalam pelaksanaan fungsi anggaran, Puan menegaskan, APBN 2021 dirancang selain untuk penanganan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah agar memastikan APBN dilaksanakan secara efisien dan memberikan manfaat yang efektif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat," tandas Puan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.