Sukses

Pengamat Apresiasi Bawaslu yang Mulai Tunjukkan Ketegasan di Pilkada 2020

August berharap penerapan sanksi oleh Bawaslu dapat memunculkan kesadaran peserta pilkada untuk tidak melanggar protokol kesehatan saat berkampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Pemilu mengapresiasi langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di berbagai daerah yang telah menunjukkan ketegasannya dalam menindak peserta Pilkada 2020 yang melanggar protokol kesehatan di masa kampanye.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) August Mellaz yang mengatakan bahwa setiap tindakan tegas yang dilakukan oleh Bawaslu terhadap sejumlah pelanggaran yang dilakukan pasangan calon (paslon) maupun tim sukses perlu lebih intensif dipublikasikan kepada masyarakat luas termasuk kontestan pilkada.

"Berbagai contoh ketegasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu di berbagai tempat perlu diketahui oleh publik dan pasangan calon dalam pilkada," ujar August, belum lama ini.

Sehingga, menurutnya, publik dapat berperan untuk lebih mendukung tindakan-tindakan yang telah diambil Bawaslu, misalnya semakin intensif melakukan pengawasan terhadap praktik-praktik yang dapat diduga merupakan pelanggaran oleh peserta pilkada.

"Demikian juga dengan pasangan calon, bahwa saat ini sudah ada instrumen hukum dan lembaga pelaksana yang dapat menjerat pelanggaran-pelanggaran terhadap protokol kesehatan di masa kampanye pilkada," jelasnya.

Dengan adanya penerapan sanksi tegas dari Bawaslu, August berharap dapat memunculkan kesadaran peserta pilkada untuk tidak melanggar aturan protokol kesehatan pada setiap kampanye.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kreativitas dan Inovasi

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa hal tersebut dapat mengubah orientasi lebih lanjut bagi peserta pilkada untuk semakin meningkatkan berbagai kreativitas dan inovasi yang secara khusus ditujukan untuk merumuskan program-program politik dan kebijakan yang nantinya akan ditawarkan kepada pemilih.

"Kesadaran peserta pilkada terhadap penerapan protokol kesehatan dan orientasi pilkada pada program-program diharapkan dapat semakin membuka ruang bagi pemilih untuk menilai, mengevaluasi dan menjatuhkan pilihannya," August memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.