Sukses

Dubes Tegaskan Uni Eropa Tidak Memihak Paslon Mana pun dalam Pilpres 2019

Vincent menyebut Uni Eropa ingin mengetahui program masing-masing pasangan calon.

Liputan6.com, Jakarta - Duta besar Uni Eropa Vincent Guerand menegaskan pihaknya tidak berpihak dan tetap netral dalam pemilihan presiden 2019 di Indonesia. Pertemuan duta besar Uni Eropa dengan kedua timses pasangan calon bukan bicara dukung-mendukung.

Vincent menyebut Uni Eropa ingin mengetahui program masing-masing pasangan calon.

"Uni Eropa netral dan jelas kami tidak memihak mana pun dan akan terus netral dalam ajang ini. Tapi penting untuk kami mengerti program, timses dan ini yang kami diskusikan," kata dia di sela pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Selain diskusi soal program, Vincent menyebut pertemuan itu membahas hubungan Indonesia dengan Uni Eropa.

"Dan kami juga membahas tentang pentingnya hubungan Uni Eropa dan Indonesia dan bagaimana pentingnya mengembangkan hubungan ini di masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong menegaskan sama sekali tak bahas pemilu dalam pertemuan siang ini. Pertemuan lebih banyak bahas ekonomi. Seperti gambaran pemerintahan lima tahun ke depan di bidang ekonomi dan bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal DPT

Usman juga tidak yakin masalah daftar pemilih tetap diangkat saat pertemuan Uni Eropa dengan kubu Prabowo-Sandiaga. Seperti diklaim oleh timses 02 usai pertemuan dengan dubes Uni Eropa. Dia meyakinkan bahwa Uni Eropa netral dalam Pemilu.

"Mereka enggak ngebahas soal teknis pemilu, saya juga engga yakin kalau di sana (kubu Prabowo) tanya soal DPT, enggak ada urusan," kata dia.

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, diwakilkan oleh Ketua Erick Thohir, Wakil Ketua dan juga Ketua Kadin Rosan Roeslani, serta Direktur Konten Fiki Satari, Direktur Komunikasi Politik Usman Kansong, Wakil Direktur Komunikasi Politik Meutya Hafid, dan Wakil Direktur Penggalangan Perempuan Tina Talisa.

Sementara rombongan dubes Uni Eropa dipimpin oleh Vincent Guerand, serta para duta besar dari Romania, Austria, Bulgaria, Inggris, Slovakia, Belanda, Itali, Yunani, Denmark, Polandia, Hungaria, Spanyol, Belgia, Swedia, Ceko, Jerman, Prancis, Portugal.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.