Sukses

Di Pondok Pesantren, Jokowi Curhat soal Harga Pangan

Jokowi mengatakan memang pemerintah sering berada dalam posisi sulit. Sebab, menjaga keseimbangan harga itu tidak mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi Pondok Pesantren Darul Hikmah, Pamulang, Tangeran Selatan, Banten, Minggu (4/11/2018) malam.

Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung tentang dilema yang saat ini dihadapi pemerintah terkait harga bahan pangan.

"Memang pemerintah sering berada dalam posisi sulit. Sebab, menjaga keseimbangan harga itu tidak mudah," ujar Jokowi, Minggu malam.

"Kalau misalnya harga telur naik, yang teriak itu konsumen. Tapi kalau harga turun, peternak yang teriak, jangan turun lagi karena kami rugi," katanya.

Sama misalnya dengan harga daging ayam. Menurut Jokowi, apabila pemerintah melakukan campur tangan agar harga daging ayam murah, yang untung adalah konsumen. Namun, itu justru tak menguntungkan peternak.

"Oleh sebab itu, tugas pemerintah adalah supaya harga itu stabil. Konsumen bisa membeli dengan terjangkau dan peternak bisa mendapatkan keuntungan," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Harga di Pasar

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga membicarakan tentang hasil tinjauannya ke Pasar Anyar di Tangerang. Di sana, Jokowi mendapat informasi lansung dari pedagang pasar mengenai harga bahan-bahan masak. Salah satunya, harga telur yang kini stabil pada kisaran harga Rp 20-25 ribu.

Di luar dari itu, kedatangan Jokowi di pondok pesantren tersebut mendapat sambutan meriah dari para santri. Mereka melantunkan selawat saat Jokowi memasuki tenda tempat acara.

Para santri berusaha untuk mendekat supaya bisa bersalaman sekaligua berfoto bersama Jokowi. Setelah meladeni para santri, Jokowi duduk di panggung. Dia diapit oleh para ulama dan pengasuh pondok pesantren tersebut.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi