Sukses

Sandiaga Akan Bangun OK OCE Mart di Kawasan Kampus

Sandiaga mengungkapkan, banyak pertanyaan dari mahasiswa kenapa Indonesia tidak kuat secara ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno berencana membuat OK OCE Mart di dalam kampus. Hal itu dikatakannya usai memberikan kuliah perdana di Universitas Darma Persada (UNSADA) dengan tema kewirausahaan.

"Salah satu yang paling berkepentingan untuk gerakan OK OCE itu adalah kampus. Karena di Persada ini setiap tahun 1.605 mahasiswa baru, secara total sivitas akademika mereka harus jadi agen-agen perubahan ke depan," kata Sandiaga di UNSADA, Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018).

Selain itu, ia mengungkapkan, banyak pertanyaan dari mahasiswa kenapa Indonesia tidak kuat secara ekonomi. Ia pun menjawab karena Indonesia tak memperkuat orientasi terhadap sumber produksi nasional.

"Agen-agen penciptaan lapangan kerja dan ekonomi berbasis lapangan kerja itu yang lagi didorong dengan konsep-konsep pemberdayaan sumber produksi kita. Tadi banyak pertanyaan ya kenapa kita tidak bisa kuat ekonominya, karena kita tidak memperkuat orientasi kepada sumber-sumber produksi nasional," jelas Sandiaga.

Ia pun menegaskan, akan membuat OK OCE Mart di likungan kampus yang nantinya akan dibuat salah satunya di UNSADA.

"Saya senang ketemu 1.600 mahasiswa baru di sini menanamkan wawasan baru atau entrepeneurship four point zero dan kita akan link dengan gerakan OK OCE karena di Duren Sawit ini OK OCE juga sudah mulai tumbuh," ujarnya.

"Harapan kita anak-anak yang lulus tidak menambah kita lebih dari lulusan Diploma dan Sarjana yang menganggur tapi justru mereka bisa membuka lapangan kerja, menciptakan usaha-usaha baru berbasis digital dan difasilitasi oleh pemerintah ke depan. Itu harapan Kita," sambung Sandiaga.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyemangat Masyarakat

Menurut dia, kehadiran OK OCE Mart itu sebagai salah satu penyemangat dan motivasi masyarakat. Terlebih sudah banyak masyarakat untuk mendaftar OK OCE Mart.

"Ekonomi untuk latihannya dirasakan manfaatnya, dirasakan OK OCE itu hadir sebagai salah satu semangat dan motivasi itu sudah lihat kalau enggak akan menambah jumlah dari pendaftar," ucapnya.

"Sekarang sudah tembus angka 51 ribu belum 1 tahun. Berarti ini diminati masyarakat dan justru tantangan dan peluang buat Pemprov yang sekarang menjalankan OK OCE adalah bagaimana yang mendaftar itu diberikan pelatihan pendampingan dan diberikan kemudahan perizinan. Nah, ini salah satu hal yang harus diselesaikan pemerintah secara keseluruhan," pungkas Sandiaga. 

Reporter: Nur Habibie

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.