Sukses

5 Gubernur Ini Dipastikan Gabung Timses Jokowi-Ma'ruf

Cak Imin menegaskan sudah berkomunikasi dengan kedua kepala daerah itu soal kesiapan bergabung dengan TKN Jokowi-Ma'ruf.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memastikan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan bergabung dengan tim kampanye Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Pasti," kata Cak Imin di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Namun, soal posisi Ridwan Kamil dan Khofifah di TKN Jokowi-Ma'ruf, Cak Imin tak ingin berkomentar. Dia hanya menegaskan, sudah berkomunikasi dengan kedua kepala daerah itu soal kesiapan bergabung dengan TKN Jokowi-Ma'ruf.

"Nanti sebagai apa kayaknya sih pasti masuk," ucap Cak Imin.

Dia menambahkan, figur Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa sangat dibutuhkan untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Keduanya dianggap mampu mendorong opini dan menggerakkan masyarakat Jabar dan Jatim untuk mendukug Jokowi-Ma'ruf.

"Sangat penting RK sama Bu Khofifah," tegas Cak Imin.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menegaskan akan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Keputusan Viktor sejalan dengan pilihan partainya yang mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Ya kan pasti tahu ke mana. Nggak mungkin ke Prabowo," kata Viktor usai dilantik Jokowi sebagai Gubernur NTT hasil Pilkada 2018 di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dia memastikan, di 2019, dia siap bergabung dengan tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin. "Sudah pasti. Saya ketua DPP (Nasdem)," ucap Viktor.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Kalbar dan Sultra

Demikian pula dengan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. Dia mengatakan siap mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Siap, siap, siap (mendukung Jokowi)," ucap Sutarmidji di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Dia menuturkan, meski menyatakan dukungan, masih belum tahu apa yang akan dilakukannya nanti. "Belum ada gambaran. Kita belum diperintah," jelas Sutarmidji.

Dia menegaskan, nantinya, akan mengkonsolidasikan terlebih dahulu kepada Tim Pemenangan tentang apa yang harus dilakukan.

"Nanti kita akan koordinasi dengan Tim Pemenangan ya," ungkap Sutarmidji.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Dia menyatakan siap juga mendukung Jokowi. Namun, politisi NasDem ini menegaskan masih menunggu perintah dari Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

"Ya kita semua tergantung petunjuk Ketum. Arahan Ketum Partai Nasdem itu yang akan kita jalankan," pungkas Ali.

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.