Sukses

Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga di Survei Alvara, Ini Alasannya

Pascapendaftaran capres-cawapres, elektabilitas Jokowi meningkat menjadi 53,7 persen. Sedangkan Prabowo Subianto hanya 35,8 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan survei yang dilakukan oleh Alvara Research Center.

Founder and CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menuturkan unnggulnya Jokowi-Ma'ruf dikarenakan citra calon presiden dari kedua pihak lebih melekat di masyarakat. Elektabilitas Jokowi memang lebih unggul daripada Prabowo.

"Memang bukan karena faktor kinerja atau apa, tapi karena psikologi publik yang sudah terbelah, Jokowi atau Prabowo," kata Hasanudin di Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).

Ia mengatakan, faktor pertimbangan mayoritas publik dalam memilih pasangan capres-cawapres antara lain, jujur, dekat dengan rakyat atau merakyat. Kesan ini, lanjut dia, melekat pada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Namun di sisi lain Pasangan Prabowo Subianto–Sandiaga Uno diuntungkan oleh citra disukai generasi muda yang lebih melekat pada Sandiaga Uno," ucapnya.

Pascapendaftaran capres-cawapres, elektabilitas Jokowi meningkat menjadi 53,7 persen. Sedangkan Prabowo Subianto hanya 35,8 persen.

Menurut Hasanuddin, pilpres kali ini pun tidak jauh berbeda dengan dengan pilpres 2014. Ia memprediksi elektabilitas Jokowi masih lebih unggul daripada Prabowo.

"Jadi sebenarnya pilpres sebenernya tidak bisa kita analisis yang rumit-rumit karena posisinya mengulang Pilpres 2014, dan kalau kita lihat pasangan ini punya pendukung fanatik masing-masing. Jadi kira-kira kalau kita lihat hasilnya tidak akan jauh dari situ terus sampai Pilpres 2019," tutur Hasanuddin.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin