Sukses

Relawan Jokowi Siapkan "Pasukan Udara" untuk Perangi Hoaks

Relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tergabung dalam Relawan Jokowi 2 Periode (J2P) meluncurkan sebuah situs J2P.id.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tergabung dalam Relawan Jokowi 2 Periode (J2P) meluncurkan sebuah situs J2P.id. Laman ini bertujuan untuk memerangi hoaks yang bertebaran di dunia maya.

"Tugasnya ialah menyebarkan virus-virus positif keberhasilan Jokowi, apa saja yang dicapai. Kita juga akan menangkal hoaks dan akan gunakan data. Kalau itu banyak berita hoaks, maka nanti kita timpali dengan berita positif dengan berbasis data," ucap Ketua J2P Bagas Adhadirgha saat Mendeklarasikan situs tersebut di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018).

Dia menuturkan, J2P baru berada di 10 Provinsi di seluruh Indonesia. Laman itu diisi oleh kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa, profesional muda, maupun pengusaha muda, yang disebut dengan duta J2P. Dia berharap, beberapa minggu ke depan, sudah bisa dideklarasikan sampai 34 provinsi.

"Isinya orang-orang yang profesional dan kompeten di bidang masing-masing dan mempunyai intelek yang positif," jelas Bagas.

Sementara itu, Sekjen J2P Ardantya, menuturkan duta tersebut akan mengelola konten yang baik dan benar untuk diinformasikan kepada masyarakat, yang masih mengonsumsi kabar hoaks.

"Melalui sosial media, misalnya ada yang kecewa pemilihan Cawapres, kita memberikan pengertian yang benar, dan bisa mengatasi swing voter itu. Menjadi wadah untuk mengindentifikasi permasalahan. Misalnya soal hutang luar negeri Indonesia, kemudian soal BPJS," ungkap Ardantya.

Intinya, lanjut dia, relawan ini akan menjadi pasukan udara untuk Jokowi. Demi memerangi hoaks.

"J2P akan menjadi pasukan udara untuk Pak Joko Widodo. Jadi bisa menyampaikan hal yang benar. Ini perang hoaks, Pak Jokowi kalah dengan hoaks, jadi butuh aktivis udara untuk berperan," tukasnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Hanya di Darat

Sementara itu, Wantimpres Sidarto Danusubroto yang hadir, menegaskan, memang sudah waktunya bergerak tidak hanya di darat, melainkan di udara.

"Waktunya untuk berjuang di udara dan di darat. Anda tidak salah mendeklarasikan Jokowi 2 periode untuk Indonesia. Memberikan kesempatan untuk Jokowi. Saya menyaksikan sederhana, keluarganya tidak di proyek, anaknya tidak ada di politik. Saya mengharapkan Deklarasi ini diikuti di semua Provinsi di Indonesia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.