Sukses

TB Hasanuddin Siap Buat TPA Cimajayukuning di Jabar

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin siap wujudkan Perda soal tempat pembuangan akhir atau TPA Cimajayukuning (Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan).

Liputan6.com, Bandung - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua TB Hasanuddin menyatakan, siap mewujudkan tempat pembuangan akhir (TPA) regional seperti TPA Cimajayukuning jika dirinya berhasil menang menjadi Jabar 1.

"Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, sudah ada nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait TPA regional. Bahkan sudah ada perdanya. Tapi hingga saat ini belum juga terwujud," ujar TB Hasanuddin di Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Selasa (8/5/2018).

Dia mengaku dirinya akan terus mendorong pembangunan TPA Regional Cimajayukuning (Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan), yang sudah lama digagas oleh Pemda setempat.

Keinginan TB Hasanuddin untuk membangun TPA Regional Cimajayukuning tercetus usai dirinya meninjau langsung TPA Ciledug Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu.

"Sudah saatnya TPA Ciledug memiliki lahan baru agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat, serta tidak menimbulkan berbagai penyakit yang notabene lokasinya dekat dengan fasilitas publik, seperti jalan raya dan permukiman warga," ucapnya.

Menurut dia, gunungan sampah di TPA Ciledug Kabupaten Cirebon semakin membuat masyarakat sekitar resah. Karena, kata TB Hasanuddin, tumpukan sampah tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar, seperti bau yang tidak sedap hingga mencemari air Sungai Cisanggarung yang berada tidak jauh dari TPA tersebut.

"Ini terlalu dekat dengan jalan umum, paling tidak 4 kilo dari jalan umum. Ini harus kita siapkan TPA yang baru," kata pasangan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Anton Charliyan ini.

Ia menegaskan, keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan terus berlanjut dan dirinya menegaskan kesiapannya untuk merealisasikan TPA regional, bila terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat lima tahun ke depan.

"Kalau dibiarkan seperti ini, yang rugi adalah masyarakat, kalau memang tidak ada tindak lanjut, saya yang akan merealisasikan TPA regional itu," tutur TB Hasanuddin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Turkamling

Tak hanya itu, untuk menyelesaikan sampah yang ada di Jawa Barat, TB Hasanuddin juga akan nenggulirkan program Turkamling (Infrastuktur, Keamanan, dan Lingkungan).

Salah satunya, kata dia, dengan melakukan pengelolaan sampah secara terpadu, baik limbah industri maupun sampah rumah tangga.

TB Hasanuddin bersama Anton akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta bagaimana mengelola sampah dengan baik agar tidak mencemari lingkungan.

"Masalah lingkungan itu satu hal yang vital, menyangkut keberlangsung hidup masyarakat, apalagi daerah perbatasan seperti Ciledug, ibaratnya, perbatasan sebagai etalase suatu daerah," tegas TB Hasanuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.