Sukses

Perkuat SDM, Emil Dardak Akan Buka Jurusan Baru di SMK Jatim

Kunjungi pabrik sepatu dan plywood, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak akan perkuat sumber daya manusia (SDM).

Liputan6.com, Nganjuk - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengunjungi pabrik sepatu CV Perwira Sharma Mandiri yang berada di Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Rabu 28 Maret 2018.

Tiba di lokasi, suami artis Arumi Bachsin ini langsung disambut oleh ribuan buruh pabrik yang mayoritas perempuan. Bahkan, banyak buruh perempuan yang histeris dengan kedatangan Emil.

Tak henti-hentinya para buruh pabrik meminta swafoto bersama pasangan dari Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa ini. Sambil menyapa ribuan pabrik dengan senyum khasnya, Emil melihat langsung proses produksi sepatu bermerk nasional ini.

Emil pun menyapa dan menyerap aspirasi buruh-buruh pabrik termasuk para pimpinan pabrik dengan harapan ada sinkronisasi kebijakan pemerintah provinsi yang menunjang iklim industri di Jawa Timur.

"Ke depan, kita akan memperkuat SDM buruh dan tenaga kerja untuk mendukung peningkatan kualitas industri," ujar Emil.

Bupati Trenggalek ini lalu mencontohkan keberadaan SMK. SMK, kata Emil, akan membuka jurusan-jurusan yang menyesuaikan arah industrialisasi di Jawa Timur.

Emil pun mencontohkan kebijakannya di Trenggalek dengan membangun jurusan-jurusan baru seperti pariwisata, fashion, IT, dan teknologi pertanian.

"Kedepan, kami akan mendorong jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri kita misalnya pertanian, pariwisata, maritim dan beberapa jurusan lainnya yang saat ini memang sangat dibutuhkan dan diyakini dapat menyerap lapangan pekerjaan lebih tinggi," ucapnya,

Dia menegaskan, keberadaan SMK tidak hanya fokus untuk sekadar sekolah saja, tapi juga untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah.

"Keberadaan SMK tidak hanya terfokus pada beberapa jurusan tertentu yang akhirnya menyebabkan penumpukan lulusan dan kesulitan mencari pekerjaan," papar Emil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjung Perusahaan Plywood

Sebelum mengunjungi pabrik sepatu, Emil juga berkunjung ke perusahaan plywood. Ia juga mendapatkan sambutan hangat dari ratusan buruh yang sedang bekerja.

Dengan didampingi langsung oleh Herry Widianto selaku komisaris PT Dwi Tunggal Utama Chemical (DTUC), Emil berkeliling melihat langsung proses produksi.

"Pak Emil, Pak Emil, wakile (wakilnya) Bu Khofifah, muda, ramah, pinter," teriak salah satu buruh pabrik sambil berjalan meminta salaman diikuti buruh pabrik lainnya.

Di pabrik tersebut, Emil melihat satu persatu tahapan proses produksi dari perusahaan ini. Suami artis Arumi Bachsin ini menunjukkan apresiasinya atas usaha keras dari pabrik plywood yang mampu menyerap ratusan tenaga kerja ini. Emil menilai pemilik pabrik plywood ini sebagai pengusaha sejati.

"Pak Heri ini industrialis sejati, selain ulet dia mau mengembangkan sistem pabrikan. Beliau belajar dari apa yang dikembangkan oleh negara maju seperti Jepang maupun negara lainnya," kata Emil.

Dirinya mengaku sangat senang bisa melihat pabrik plywood yang mampu menggunakan potensi daerah dan segala mesin dibuat dan diralat sendiri.

"Dia (Heri) juga mempunyai bisnis yang saling terkait, mulai dengan bisnis bahan baku yang menunjang perusahaan kayu lapisnya perusahaan ini mampu memanfaatkan limbah kayu untuk dimaksimalkan dalam finishing papan lapis tersebut," tegas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.