Sukses

Foto Bareng Ganjar, 5 Pegawai RSUD Jepara Dinyatakan Langgar Etik

Bawaslu Jepara sudah mengingatkan kepada para ASN tersebut agar tidak berfoto bersama Calong Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Lima aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan pegawai RSUD Kartini Jepara, Jawa Tengah, dinyatakan bersalah melanggar kode etik. Hal itu karena mereka sempat berfoto bersama calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Setelah kelima ASN tersebut dimintai klarifikasinya, kemudian dibawa ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) mereka dinyatakan melanggar kode etik ASN karena melanggar surat edaran dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Ketua Bawaslu Jepara M Arifin di Jepara, Rabu 28 Februari 2018, seperti dilansir Antara.

Kelima ASN yang melanggar kode etik tersebut yakni Pelaksana tugas Direktur RSUD Kartini Muh Ali, Kabag Umum Mujoko, serta Tri Iriantiwi, Umrotun, dan Ana Pristiwaningsih.

Dalam memutus kelimanya bersalah, kata dia, juga dihadirkan Pakar Hukum Pidana Pujiono dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Setelah mendapatkan penjelasan dari pakar hukum pidana, kata dia, kelimanya akhirnya diputuskan bersalah karena melanggar Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Sementara untuk unsur pidananya, kata dia, tidak terbukti adanya keuntungan dari pihak pasangan calon Ganjar dan Taj Yasin Maimoen.

Atas pelanggaran kode etik ASN, Bawaslu Jepara selanjutnya akan memberikan rekomendasi kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara serta tembusan kepada KASN. "Mudah-mudahan kasus tersebut merupakan yang terakhir dan menjadi pelajaran bagi semua ASN di Kabupaten Jepara," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada alasan ASN tidak mengetahui aturan soal larangan berfoto bersama calon kepala daerah. Sebab, sudah ada edaran dari KASN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengaku Tidak Tahu

ASN yang berfoto bersama dengan Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di RSUD Kartini Jepara mengaku tidak mengetahui adanya larangan tersebut.

Kehadiran Ganjar Pranowo di RSUD Kartini pada Sabtu (17/2) juga dianggap sebagai inspeksi mendadak karena statusnya masih sebagai Gubernur Jateng, meskipun yang bersangkutan sedang cuti.

Alasan bahwa mereka tidak mengetahui adanya larangan berfoto bersama juga tidak bisa diterima karena Bawaslu Jepara yang hadir di lokasi juga sudah mengingatkan kepada para ASN tersebut agar tidak berfoto bersama.

Larangan ASN berfoto bersama ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU Nomor 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Lihat profil para calon yang bertarung dalam Pilkada 2018 di halaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.