Sukses

Ondel-Ondel Meriahkan TPS Tempat Anies Baswedan Mencoblos Pilkada

Terlihat ornamen bernuansa Betawi seperti ondel-ondel dan tenda berwarna merah putih menghiasi TPS tempat Anies Baswedan mencoblos.

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggunakan hak pilihnya di TPS 28 Lebak Bulus II, RT 06/ RW. 04, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com sekitar pukul 06.45, suasana di TPS 28 masih terlihat lengang.

Tampak ada yang unik dari TPS 28. Terlihat ornamen bernuansa Betawi seperti ondel-ondel dan tenda berwarna merah putih menghiasi TPS tersebut. Para petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang berjumlah sembilan orang juga terlihat memakai baju khas Betawi.

"Kita pakai warna merah-putih. Ini suasana kan lagi agak panas, maka kita ambil konsep merah-putih. Walaupun gonjang ganjing, tetap satu Indonesia," jelas Malkan (44), Ketua RT 06 saat ditemui di TPS 28, Jalan Haji Nasiin Lebak Bulus II, RT 06/RW 04, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, (19/4/2017).

"Kalau konsepnya Betawi kan karena gubernurnya Jakarta. Persiapannya dua hari," lanjut dia.

Sementara itu terkait persiapan di TPS sendiri, diakui Ahmad Subai selaku Ketua KPPS TPS 28, sudah hampir mencapai 100 persen.

Petugas KPPS TPS 28 tempat Anies mencoblos pilkada

"Persiapan sih hampir 100 persen. Sebelum ini sudah lumayan lancar aman. Tinggal pelaksanaan aja. Kita agak tunda aja karena saksi dari paslon 2 belum memberikan surat mandat. Harusnya jam 07.00 kita udah mulai. Tapi kalau jam 07.00 WIB belum mulai juga, sesuai aturan kita nunggu setengah jam. Kalau belum ada saksi mandat kita undur," ujar Subai di lokasi yang sama.

"Mandat paslon 3 sudah siap. Paslon 2 aja yang belum," ujar dia.

Petugas KPPS yang disiapkan di TPS 28 berjumlah sembilan orang. Dua di antaranya bertugas menjaga pengamanan di sekitar TPS.

Sementara itu DPT di TPS 28 berjumlah 715, berbeda dengan jumlah DPT di putaran pertama yang berjumlah 698 DPT.

Anies Baswedan sendiri terdaftar di urutan ke-582 daftar DPT TPS 28. Disusul di urutan ke-583 dan ke-584 yaitu sang istri, Fery Farhati Ganis, dan putri sulungnya, Mutiara Annisa Baswedan.

 

*Ikuti Quick Count Pilkada DKI Jakarta dari tiga lembaga survei di Liputan6.com pada Rabu 19 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017