Sukses

Jadi Moderator Debat Cagub, Alfito Diskusi dengan Ira Koesno

Selain dengan Ira Koesno, Alfito juga akan menggali sejumlah hal dari Tina Talisa.

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Alfito Deannova Gintings mengaku akan berdiskusi dengan Ira Koesno dan Tina Talisa untuk mempersiapkan Debat Cagub DKI Jakarta putaran ketiga.

Alfito akan menggali sejumlah hal dari dua moderator Debat Cagub DKI Jakarta sebelumnya.

"Ira Koesno dan Tina Talisa adalah dua mantan kolega saya. Saya menjaga silaturahmi dengan sangat baik. Saya dan Mbak Ira, lalu saya dengan Tina juga baik. Pasti saya akan bertanya apa yang bisa membuat tampilan saya lebih baik," ujar Alfito seperti dikutip dari Antara, Sabtu (4/2/2017).

Hal-hal yang akan ia gali dari para moderator antara lain soal tensi saat debat berlangsung dan bagaimana mereka mengatasinya. Kemudian, upaya yang dilakukan untuk menghidupkan suasana diskusi saat debat.

"Bagaimana crowded yang terjadi, bagaimana tensi yang muncul dan bagaimana mereka menghadapi kondisi itu. Bagaimana mereka built in intensitas diskusi yang terjadi di antara pasangan calon," kata Alfito.

Selain itu, dia akan mengkaji kembali debat-debat sebelumnya, terutama soal suasana dan interaksi yang terjadi.

"Yang saya lakukan me-review debat-debat sebelumnya. Bagaimana suasana, bagaimana pola interaksi yang terjadi. Sampai sekarang baru itu saja. Nanti persiapannya lebih matang lagi ketika ada perbincangan dengan KPUD, tim panelis. Barangkali minggu depan sudah mulai diintensifkan," tutur Alfito.

Secara pribadi, Alfito mengaku mengenal masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur. Inilah yang bisa memudahkannya memandu debat yang nantinya mengangkat tema Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat itu.

"Saya kenal setiap pribadi calon. Mas Agus saya pernah wawancara, begitu juga Mas Anies, Mas Sandi, Pak Ahok, Pak Djarot juga begitu. Barangkali Bu Sylvi yang belum pernah saya wawancarai," ujar dia.

"Jadi, sebenarnya secara personal saya kenal orang per orang. Itu sebenarnya sudah membantu saya untuk punya personal attachment pada mereka. Itu sebenarnya lebih memudahkan saya memandu debat," lanjut Alfito.

Hal lain yang tak kalah penting adalah persiapan fisik dan mental.

“Makan-makanan bergizi yang cukup, olahraga yang cukup. Jadi saya beberapa kali saya memandu debat pilkada memang dua jam berdiri. Itu PR-nya memang. Persiapan fisik dan mental. Paling nanti kita makan nasi, di antara waktu senggang dan vitamin yang paling penting,” pungkas Alfito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.