Sukses

Respons TemanAhok Dituding Curang dalam Pengumpulan KTP

Para eks relawan TemanAhok diminta untuk mengumpulkan KTP dengan target capaian yang sudah ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang yang mengaku sebagai mantan relawan TemanAhok membongkar rahasia pengumpulan KTP yang selama ini dilakukan TemanAhok. Mereka menyebut strategi TemanAhok tersebut sebagai bentuk kebohongan publik.

"Kami di sini ketawa-ketawa saja," kata salah satu pendiri TemanAhok Singgih Widiyastomo, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (22/6/2016).

Namun, Singgih menolak untuk menjelaskan lebih lanjut terkait tudingan tersebut. Dia mengatakan, pihaknya akan memberikan keterangan resmi terkait kecurangan yang disampaikan eks TemanAhok sore ini.

"Nanti keterangannya, kita mau konferensi pers," kata Singgih. Konferensi pers rencana akan digelar di markas TemanAhok di Graha Pejaten, Jakarta Selatan.

Sekumpulan mantan relawan TemanAhok memutuskan berkumpul dan mengungkap kebohongan publik yang menurut mereka dilakukan TemanAhok.

Paulus Romindo, penanggungjawab KTP di kelurahan Kamal mengaku, dia bekerja layaknya di sebuah perusahaan. Mereka mendapatkan gaji untuk setiap KTP yang jumlahnya mencapai target. Dia bergabung sejak Juni 2015 hingga Mei 2016.

Dalam keterangannya dia dan 152 penanggungjawab lainnya wajib menyetor 140 KTP tiap Minggu. Apabila terpenuhi, mereka mendapatkan bayaran Rp 500 ribu per minggu.

Apabila target 140 KTP tak terpenuhi, maka, kata Paulus, sebagian besar dari 152 PJ di Jakarta itu melakukan manipulasi KTP dengan cara barter dengan kelurahan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • TemanAhok adalah perkumpulan relawan yang didirikan untuk membantu Ahok membenahi Jakarta
    TemanAhok adalah perkumpulan relawan yang didirikan untuk membantu Ahok membenahi Jakarta

    TemanAhok

  • TemanAhok adalah perkumpulan relawan yang didirikan untuk membantu Ahok membenahi Jakarta
    TemanAhok adalah perkumpulan relawan yang didirikan untuk membantu Ahok membenahi Jakarta

    Teman Ahok

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini