Sukses

Debat Kandidat Cagub Sumbar Diundur

Pelaksanaannya ada 3 kali, yaitu 16, 23 dan 30 November 2015.

Liputan6.com, Padang - Debat kandidat calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang awalnya direncanakan akhir Oktober diundur 1 bulan ke depan. Dalam tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menjadwalkan 3 kali debat kandidat.

"Dari keputusan rapat yang lalu, memang dijadwalkan pada akhir bulan ini (Oktober), namun karena berbagai hal, debat kandidat terpaksa kami undur ke bulan November," ujar Komisioner KPU Sumbar Bidang Keuangan dan Logistik Fikon kepada Liputan6.com, Kamis (29/10/2015) pagi.

Fikon mengatakan, pengunduran jadwal debat kandidat ini juga dipengaruhi oleh berubahnya kesepakatan KPU dengan TV dan media lokal soal penayangan dan penyiarannya. Debat kandidat yang akan dilakukan, berlangsung sejak pertengahan November.

"Ada perubahan kesepakatan dengan kawan-kawan media, akhirnya kita ambil 2 TV lokal saja. Terkait pelaksanaannya, ada 3 kali, tanggal 16, 23 dan 30 November," jelas dia.

Debat kandidat ini, akan berlangsung antara 2 calon gubernur Sumbar, keduanya merupakan petahana. Untuk nomor urut 1 ditempati oleh mantan gubernur Irwan Prayitno dengan Nasrul Abit. Sedangkan di nomor urut 2 ditempati mantan wakil Irwan, yakni pasangan Muslim Kasim dengan Fauzi Bahar. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.