Sukses

KPU Pandeglang Siapkan Ratusan Surat Suara Braille

KPU Kabupaten Pandeglang menetapkan DPT sebanyak 958.178 pemilih.

Liputan6.com, Pandeglang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten menyiapkan ratusan surat suara braille bagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tuna netra dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015.

"Jumlah pemilih difabel yang masuk pada DPT mencapai 390 jiwa. Sehingga kami menyiapkan 390 surat suara jenis braille," ujar Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Suja'i, Kamis 15 Oktober 2015.

Tidak hanya kertas suara braille, KPU Pandeglang juga menyiapkan sejumlah alat bantu lain bagi para DPT difabel, termasuk petugas yang bisa membantu mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Bahkan, petugas khusus pun disiapkan bagi para pemilih usia lanjut atau pun bagi pemilih yang mengalami kesulitan  memenuhi hak pilihnya sebagai warga negara, dengan syarat harus menyertakan keterangan rekomendasi dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Pendamping ini tidak hanya diperuntukkan bagi difabel, tetapi juga bagi pemilih yang sakit atau pemilih yang kesulitan karena faktor usia. Serta kami berusaha menyiapkan agar posisi TPS tidak jauh dan dapat dengan mudah diakses pemilih difabel," tegas Suja'i.

Dalam Pilkada Serentak 2015 ini, KPU Kabupaten Pandeglang menetapkan DPT sebanyak 958.178 pemilih. Mereka terdiri dari 489.504 pemilih laki-laki dan 468.674 pemilih perempuan dengan 1.903 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 339 desa dari 35 kecamatan. (Mvi/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini