Sukses

Pilkada Serentak di Gowa, Keponakan Bertarung Lawan Bibi

Ketua KPUD Gowa Zainal Rum mengatakan, ‎penetapan nomor urut tersebut untuk menandai kandidat dan juga untuk mencetak surat suara.

Liputan6.com, Gowa - Pilkada serentak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tampaknya akan berlangsung seru nanti. Sebab, dalam Pilkada nanti akan bertarung keponakan melawan bibinya.

Keponakan yakni Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo yang berpasangan dengan Abdul Rauf Karaeng Kio, akan bertarung melawan bibinya,‎ Andi Tenri Olle Yasin Limpo yang berpasangan dengan Khairil Muin.

Hasil rapat pleno terbuka yang diumumkan KPUD Gowa, Selasa 25 Austus 2015, pasangan Adnan-Abdul Rauf mendapat nomor urut 5. Sedangkan pasangan Andi Tenri-Khairil Muin mendapat nomor urut 4.

Ketua KPUD Gowa Zainal Rum mengatakan, ‎penetapan nomor urut tersebut untuk menandai kandidat dan juga untuk mencetak surat suara, serta keperluan kampanye.

"Nomor urut ini gunanya agar masyarakat dapat menandai di nomor berapa pasangan calonnya," ucap Zainal.

Adapaun yang mendapat nomor urut 1 yakni pasangan Maddusila Kumala Idjo-Wahyu Permana, pasangan nomor urut 2 yakni Sjahrir Sjafruddin Dg Jarung-Anwar Usman, lalu pasangan Djamaluddin Maknun-Maskur di nomor urut 3.

‎Mengenai nomor urut yang ditetapkan tersebut, pasangan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Karaeng Kio menilai nomor urut 5 merupakan keberkahan tersendiri bagi mereka, sebab memiliki makna dan arti khusus.

"Syukur alhamdulillah, sebuah keberkahan bagi kami mendapatkan nomor urut 5. Di mana rukun Islam itu ada 5, salat itu 5 waktu, Pancasila ada 5, dan pemimpin tertinggi yakni panglima," ujar Adnan.

Dengan mendapatkan nomor urut 5 pasangan yang ber-tagline Adnan-Kio ini tidak akan merubah tagline sebelumnya. "Tageline kami tetap Adnan-Kio, tidak ada perubahan. Kami optimis dengan nomor 5. Kita dapat memenangkan pertarungan," ujar Adnan.

Hal yang sama diungkapkan pasangan Sjahrir Sjafruddin Dg Jarung-Anwar Usman yang mendapatkan nomor urut 2. Mereka mengatakan, angka tersebut melambangkan keseimbangan.

"Burung terbang mengunakan 2 sayap, kalau dalam Islam 2 itu mengambarkan hitam dan putih, yang jelas 2 itu banyak maknanya," ungkap Sjahrir.

Total jumlah pasangan yang akan bertarung di Pilkada Gowa nanti, ada 5 pasangan.

1. Pasangan Maddusila Kumala Idjo-Wahyu Permana, didukung Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PKS
2. Pasangan Sjahrir Sjafruddin Dg Jarung-Anwar Usman
3. Pasangan Djamaluddin Maknun-Maskur, jalur independen
4. Pasangan Tenrri Olle-Khairil Muin, didukung Partai Nasdem dan PPP
5. Pasangan Adnan Purichta-Abdul Rauf Kareng Kio, jalur independen dan didukung PDIP, Partai Gerindra, PAN.

(Sun/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini