Sukses

Gelar Undian Calon, KPU Bengkulu Pakai Koin dan Bola Pingpong

Pengundian nomor urut menggunakan koin dan bola pingpong itu dilakukan setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak.

Liputan6.com, Bengkulu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengundi nomor urut untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Serentak pada Desember mendatang.

Pengundian digelar di ruang utama Raffles City Hotel Bengkulu dengan cara unik, yaitu menggunakan koin uang logam Rp 1.000 dan bola tenis meja atau bola pingpong.

Kepala Divisi Teknis KPU Bengkulu Eko Sugianto yang memimpin pengundian nomor melempar koin uang Rp 1.000 untuk menentukan siapa yang terlebih dahulu mengambil bola pingpong yang sudah dimasukkan ke dalam botol berisi 10 bola dengan rincian 5 bola bernomor 1 dan 5 bola bernomor 2.

Pasangan calon gubernur Sultan Bachtiar Nadjamuddin-Mujiono mendapat kesempatan pertama. Hasilnya, Sultan mendapat bola berisi nomor 2. Setelah itu giliran pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah mengambil bola, begitu dibuka berisi nomor 1.

Setelah 10 bola terbuka, hasil akhir yang didapat kedua pasangan ini adalah Sultan-Mujiono mendapat 4 bola nomor 2 dan 1 bola nomor 2, sedangkan Ridwan-Rohidin medapat 4 bola nomor 1 dan 1 bola nomor 2.

KPU Bengkulu akhirnya menetapkan pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah menggunakan nomor urut 1 dan pasangan Sultan Bachtiar Nadjamuddin-Mujiono mendapat nomor urut 2.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, pengundian nomor urut menggunakan koin dan bola pingpong itu dilakukan setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak. Diputuskan cara tersebut karena paling kecil kemungkinan curang.

"Kita konsultasi dengan beberapa pihak termasuk kepolisian dan kejaksaan. Hasilnya cara ini yang paling fair, dan kami lakukan meskipun kesan yang muncul jika kami menggunakan koin itu kurang baik. Tetapi masing-masing orang punya persepsi sendiri dan silakan saja," tegas Irwan di Bengkulu, Selasa (25/8/2015).

Calon gubernur Sultan Bachtiar Nadjamuddin yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Demokrat (PD) mengaku bersyukur mendapatkan nomor urut 2. Sebab menurut dia, dalam 10 tahun terakhir nomor urut 2 selalu menang dalam pemilihan.

"Pak SBY dan Jokowi menang dalam Pilpres menggunakan nomor urut 2, saya juga mendapat nomor urut yang sama, semoga ini menjadi berkah bagi kami," ucap Sultan.

Pilkada Bengkulu hanya diikuti 2 pasangan calon, yakni pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah dan pasangan Sultan Baktiar Najamudin-Mujiono. Pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah diusung PAN, Gerindra, Hanura, PKB, PKPI, Nasdem, Golkar dan PPP. Sedangkan pasangan Sultan Baktiar Najamuddin-Mujiono diusung PDIP dan Demokrat. (Ron/Sss)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.