Sukses

Aroma Pewangi Mobil Ini Bisa Kurangi Stres saat Mengemudi

Bagi banyak pemilik mobil, menggunakan parfum atau pewangi kabin ternyata memiliki dampak yang cukup bagus saat berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan parfum atau pewangi kabin ternyata memiliki dampak yang cukup bagus saat berkendara. Salah satunya, adalah aroma lavender, yang bisa menenangkan dan juga kamomil dan vanila dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan saat mengemudi.

Kasandra Putranto, seorang psikolog terkemuka menambahkan, penyegar udara mobil memiliki dampak yang signifikan terhadap kenyamanan dan kesehatan pikiran dalam berkendara.

"Aroma yang menyenangkan dapat membuat mobil Anda terasa seperti oase pribadi, meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan saat berkendara. Jika Anda mencari relaksasi dan menghilangkan stres saat mengemudi, pertimbangkan untuk menggunakan pengharum ruangan beraroma lavender," ujar Kasandra, saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Penelitian menunjukkan bahwa indera penciuman kita ternyata sangat kuat dan dapat mengenali ratusan ribu aroma berbeda.

Manusia dapat menangkap aroma melalui saluran neuron penciuman tubuh ke pusat otak yang berfokus pada memori dan emosi, seperti korteks orbitofrontal, amigdala, dan hipokampus. Itu sebabnya aroma mobil bisa memicu ingatan yang kuat.

"Aroma yang memberi energi seperti jeruk atau peppermint dapat memberikan penambah energi yang sangat dibutuhkan energi selama perjalanan pagi yang grogi. Aromanya yang menyegarkan dapat membantu Anda tetap waspada dan fokus pada jalan di depannya," jelas Kasandra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesimpulan

Kesimpulannya, aroma dapat memainkan peran penting dalam pengalaman berkendara. Pengharum mobil dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku manusia di jalan.

Dengan memilih aroma yang selaras dengan kebutuhan emosional tertentu, masyarakat dapat meningkatkan pengalaman berkendara, menjadikannya lebih menyenangkan dan bebas stres.

"Jadi, lain kali Anda masuk ke dalam mobil, pertimbangkan kekuatan aroma dan bagaimana hal itu dapat berdampak positif pada waktu Anda mengemudi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini