Sukses

Dealer Kebakaran, 7 Mobil Listrik BYD Hangus Terbakar

Tujuh mobil listrik BYD hangus setelah menjadi korban kebakaran yang melanda salah satu dealer BYD di China. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh mobil listrik BYD hangus setelah menjadi korban kebakaran yang melanda salah satu dealer BYD di China. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Insiden kebakaran ini terjadi pada 16 Mei 2024, meninggalkan hanya kerangka bangunan dealer dan beberapa mobil yang terbakar.

Saksi mata menyatakan bahwa api mulai terlihat di atap lantai dua dealer pada pukul 00:32 dan dengan cepat membesar, melahap seluruh bangunan.

Tujuh mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api dalam waktu kurang dari satu jam.

Selama kebakaran, terdengar beberapa kali suara ledakan yang diduga berasal dari baterai lithium kendaraan BYD yang terbakar, namun hal ini belum dikonfirmasi oleh BYD dalam pernyataan resmi mereka.

Pabrikan asal Tiongkok ini hanya mengakui bahwa kebakaran di dealer mereka disebabkan oleh korsleting listrik atau kabel yang sudah tua di lantai dua.

Meskipun laporan awal menunjukkan indikasi bahwa kebakaran mungkin disebabkan oleh kendaraan listrik di ruang pamer yang terbakar.

BYD mengklaim telah melakukan investigasi pada kendaraan listrik di dealer dan tidak menemukan adanya kerusakan pada sistem baterai mereka.

Total tujuh mobil listrik hangus akibat si jago merah di dealer BYD. Beberapa mobil lain yang ada di area juga ikut terkena api.

Seperti mobil yang sedang diparkir dan kepunyaan pelanggan yang sedang diservis. BYD menyatakan kerugian mencapai 5 juta Yuan, atau sekitar lebih dari Rp11 Miliar dalam kebakaran itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kejadian Pertama

Menurut berbagai laporan media di Tiongkok, BYD telah menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan semua pihak berwenang dalam penyelidikan penyebab kebakaran.

Meskipun BYD meyakini keamanan kendaraannya, tampaknya masih ada keraguan dari beberapa pihak mengenai klaim tersebut.

Hal ini mungkin karena BYD telah mengalami sepuluh insiden kebakaran dalam tiga tahun terakhir, termasuk beberapa yang melibatkan kendaraan baru yang sedang diangkut oleh truk trailer untuk dikirim ke pelanggan.

Terjadi pada pada April 2024 dan 1 Mei 2024, kebakaran kendaraan dilaporkan terjadi pada truk trailer yang menggendong kendaraan BYD. Selain itu, BYD juga dilaporkan mengalami kebakaran pabrik yang diduga akibat kelalaian karyawan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini