Sukses

Jeep Avenger Listrik Kini Hadir dengan Pilihan Mesin Mild Hybrid 4x4

Melengkapi tiga opsi tawaran mesinnya, kini Jeep Avenger hadir sebagai Avenger 4xe yang ditingkatkan dan lebih bertenaga.

Liputan6.com, Torino, Italia - Lebih dari setahun berlalu setelah debut, Jeep memperluas jajaran Avenger dengan penambahan varian andalan 4xe. Artinya SUV tersebut kini dipersenjatai mesih hybrid yang akan menggerakkan seluruh rodanya.

Jeep Avenger adalah garapan mobil listrik perdana Jeep yang juga menyertakan opsi e-Hybrid dan konvensional.

"Avenger adalah salah satu kisah sukses Jeep terbesar di Eropa dengan lebih dari 90.000 pesanan dari pelanggan yang hampir 30 persen di antaranya adalah kendaraan listrik," ucap Kepala Merek Jeep Eropa, Eric Laforge dalam keterangan resminya.

"Setelah kesuksesan ini, Avenger 4xe akan menjadi tolok ukur baru di segmen 'B-SUV', menawarkan desain eksklusif, performa terbaik, dan mewakili ekspresi penuh warisan Jeep pada penggerak semua roda," dirinya mengimbuhi.

Sebagai catatan, Jeep Avenger adalah Jeep ukuran kecil yang dirancang khusus untuk pasar Eropa yang hingga saat ini masih menetap di sana.

Meski 4xe merujuk pada teknologi plug-in hybrid Jeep, Avenger 4xe berbeda. Konfigurasi mesin SUV 4x4 ini menggabungkan mesin turbo 3 silinder 1,2 liter bertenaga 134 tenaga kuda dengan sistem 48 V mild-hybrid dan sepasang motor listrik yang masing-masing menghasilkan 28 tenaga kuda (21 kW).

Tenaga tersebut kemudian akan didistribusikan ke keempat rodanya lewat transmisi kopling ganda otomatis 6-percepatan yang akan menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,5 detik dan kecepatan maksimum 194 km/jam di jalanan, lebih cepat dari 10 km/jam dari model e-hybrid FWD.

Fungsi berkendara empat rodanya didukung dengan sistem pintar yang terdistribusi 50:50 permanen pada kecepatan rendah. Ketika melebihi 30 km/jam (19 mph), motor listrik belakang akan ancang-ancang untuk efisiensi yang lebih besar sebelum benar-benar lepas landas pada kecepatan di atas 90 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyesuaian Kecil yang Terjadi

Dengan tak terlalu banyak mengubah desain Avenger yang masih mempertahankan fasia dengan grille 7 garis ikonik dan stop lamp belakang dengan desain khusus berbentuk X, peningkatan sudut off-road didapati serta merta dengan peningkatan ground clearance sebesar 10 mm. Kemampuan menyelami airnya juga bertambah hingga 400 mm.

Secara kasat mata, estetika yang berubah hanya pada desain peleknya yang kini telah diperbarui dengan kelir hitam yang menggantikan lapisan kilap silver sebelumnya. Pelek itu akan dibalut ban M+S yang memberi traksi andal dalam berbagai kondisi cuaca. Karet All-Terrain 3PMSF yang meningkatkan cengkeraman juga tersedia sebagai opsi.

Masuk ke dalam kabinnya, akan terdapat kursi baru yang dibuat dari bahan yang lebih awet dan dapat dicuci sehingga cocok untuk petualangan.

Pemesanan Jeep Avenger 4xe dijadwalkan dibuka pada kuartal keempat tahun 2024 di Eropa. Ketika terbit, SUV kompak ini akan ditawarkan dalam varian trim Upland dan Overland yang keduanya kemungkinan akan lebih mahal ketimbang tiga opsi varian pendahulunya.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini