Sukses

Mobil Sport Hidrogen Hyundai Siap Debut 2026, Tenaganya Buas

Surat kabar bisnis Korea Selatan, The Korea Economic Daily, mengatakan bahwa sport car hidrogen Hyundai benar-benar akan terjadi

Liputan6.com, Jakarta - Surat kabar bisnis Korea Selatan, The Korea Economic Daily, melaporkan bahwa sport car hidrogen Hyundai benar-benar akan terjadi. Bahkan, mobil hidrogen Hyundai ini dikabarkan akan diluncurkan pada 2026, atau empat tahun setelah mobil konsep ini memulai debutnya.

Mobil performa tinggi yang disebut Hyundai N74 ini, sedang dikembangkan dengan tata letak penggerak roda belakang. Model jalanan resmi ini, akan hadir sebagai coupe dua pintu, dengan pintu gullwing, dan desain yang terinspirasi dari Pony Coupe 1974, sebagai mobil pertama merek Ginseng tersebut.

Meskipun versi konsepnya model ini hanya memiliki tenaga 671 tk, tapi versi produksi berikutnya diduga akan memiliki tenaga 765 tk.

Selain itu, dalam informasi yang sudah beredar, mobil sport hidrogen Hyundai ini akan mampu berakselarasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu tiga detik.

Hyundai N74 ii, dilaporkan akan mengejar rekor Nurburgring untuk mobil produksi, yang tidak akan mudah mengingat Mercedes-AMG One melakukan putaran Green Hell hanya dalam waktu 6 menit dan 35,183 detik.

Selain itu, Hyundai kabarnya akan membatasi produksi hanya 200 unit dan membangun mobil ini dari 2026 hingga 2028.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Hidrogen Hyundai Nexo Unjuk Gigi di PEVS 2024

Hyundai Nexo, Fuel Cell Vehicle (FCV) alias kendaraan hidrogen yang pertama kali melakukan debut global pada tahun 2018 silam, nampang di gelaran pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 lewat booth milik PLN.

Crossover Nexo besutan jenama asal Korea Selatan tersebut merupakan kendaraan yang digerakkan motor listrik bertenaga 161 tenaga kuda (163 PS) dan torsi puncak 400 Nm, menurut data website resminya. Motor listrik tersebut sanggup membawa mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam dengan waktu 9,2 detik, dan mampu dikebut mencapai kecepatan maksimum 179km/jam.

 Alih-alih dibekali paket baterai untuk menyokong motor listriknya, daya listrik berupa aliran elektron dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen terkompresi dan oksigen.

Nexo mengonsumsi hidrogen melalui 3 tangki dengan kapasitas total 156 liter yang cukup membawanya sejauh 611 km tanpa mengotori udara. Pasalnya, emisi yang dihasilkan hanyalah berupa air, yang secara tidak langsung justru dapat meningkatnya kebersihan udara.

Secara telanjang mata, mobil ini memiliki Cascading Grille khas Hyundai yang didesain ulang untuk disandingkan dengan fog lamp berbentuk segitiga di sampingnya. Sementara di atasnya terpasang bilah lampu daytime LED yang melengkung memanjang secara diagonal di kedua sisi saling terkoneksi satu sama lain dengan LED Horizon Position Light membentang di sekujur fasia.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.