Sukses

Politikus Demokrat Desak Presiden Joe Biden Larang Permanen Mobil Cina di AS

Ketua Komite Perbankan Senat Amerika Serikat, mendesak Presiden Joe Biden untuk melarang secara permanen kendaraan buatan Tiongkok dari pasar Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komite Perbankan Senat Amerika Serikat, pada Kamis (11/4/2024) mendesak Presiden Joe Biden untuk melarang secara permanen kendaraan buatan Tiongkok dari pasar Amerika Serikat.

"Saya mohon Anda (Joe Biden) mengambil tindakan yang berani dan agresif, dan melarang secara permanen kendaraan listrik yang diproduksi oleh perusahaan Tiongkok atau anak perusahaan apa pun yang mereka dirikan untuk menyembunyikan asal-usulnya," tulis Senator Sherrod Brown, seorang Demokrat, dikutip dari Reuters, ditulis Senin (15/4/2024).

Disebutkan, kendaraan listrik asal Negeri Tirai Bambu ini, merupakan ancaman nyata bagi industri otomotif Negeri Paman Sam.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Joe Biden juga mengatakan bahwa kebijakan Tiongkok, yang dapat membanjiri pasar Amerika Serikat dengan kendaraannya menimbulkan risiko bagi keamanan nasional negara Adidaya tersebut.

Namun, hal tersebut, tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Joe Biden, selama dirinya masih menjabat sebagai seorang presiden.

Sementara itu, pernyataan dari Brown yang mendukung kebijakan larangan permanen kendaraan listrik Tiongkok di pasar Amerika Serikat ini, adalah komentar terkuat yang pernah disampaikan oleh anggota Parlemen Amerika Serikat, mengenai masalah ini.

Pihak lain juga menyuarakan, tarif yang tinggi untuk mencegah kendaraan listrik masuk ke Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naikan tarif

Bulan lalu, Brown bersama Senator Gary Peters dan Debbie Stabenow, meminta Presiden Joe Biden untuk menaikkan tarif impor mobil listrik China secara drastis untuk mengatasi risiko keamanan nasional.

Kekhawatiran juga telah dikemukakan oleh anggota parlemen dan pendukung, bahwa produsen mobil China dapat merakit kendaraan berbiaya rendah di Meksiko untuk memungkinkan mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak kendaraan listrik AS.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.