Sukses

Baru Punya 1 Dealer, GWM Mimpi Kuasai Segmen SUV

Sebagai pendatang baru yang resmi beroperasi penuh di Indonesia, Great Wall Motor akan jadi penantang di tiga segmen SUV Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen otomotif asal China, Great Wall Motor (GWM) telah beroperasi secara penuh di Indonesia dengan menghadirkan dealer pertamanya yang mereka sebut sebagai NEV Experience Center di pusat perbelanjaan tersibuk di Indonesia, tepatnya di Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan.

Fasilitas ini juga akan difungsikan sebagai hub bagi pelanggan dan penggemar otomotif untuk bertukar ide dalam membangun solusi energi baru.

"Kami menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi ujung tombak industri kendaraan global yang sadar lingkungan. Untuk itu, GWM membawa 3 (tiga) pilar globalnya ke Indonesia, yaitu New Intelligent, New Energy, dan New Experience yang selaras dengan gaya hidup mobilitas masyarakat Indonesia yang selalu ingin menjadi terdepan dalam segala hal," ungkap General Manager GWM Indonesia, Constantinus Herlijoso, Kamis (21/3/2024).

Pembukaan dealer ini adalah titik awal ekspansi GWM ke berbagai titik strategis di kota-kota besar di Indonesia. Paling dekat, GWM membeberkan akan membuka dealer 3S (Sales, Spare part, dan Service) pertamanya sebagai standar jaringan dealer GWM.

"Dealer ini merupakan dealer dari NEV Experience pertama di Indonesia dan ini bersifat permanen. Di awal Mei, kami akan siap dengan 3S dealer pertama kami yang akan berlokasi di Tomang," jelasnya.

Pada fase awal, GWM membawakan dua kendaraan hybrid di kelas SUV berbeda, yaitu GWM Tank 500 HEV di segmen full-size luxury SUV dengan banderolan Rp1,196 miliar, dan juga mid-size SUV GWM Haval H6 HEV seharga Rp 595 juta.

Pihaknya juga membocorkan rencana untuk segera melengkapi katalog SUV compact miliknya dengan kehadiran GWM Haval Jolion di masa mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Menyabet Tiga Besar Penjualan di Tiga Segmen SUV

Dengan resmi memulai operasi penuhnya di Indonesia, GWM optimis untuk merajai tiga segmen SUV yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Optimisme ini didapat dari bagaimana perusahaan melihat antusiasme terhadap dua koleksi awalnya yang telah mulai dibuka pemesanan awalnya di gelaran BCA Expoversary pada akhir Februari hingga awal Maret lalu.

Menjelaskan tentang target penjualan jajaran modelnya, Sales dan Network Director GWM Indonesia, Rendi Radito tidak menyebutkan angka absolut yang diraih.

Namun menurut analasis pasarnya, Rendi optimis masing-masing model SUV GWM akan menyabet tiga besar penjualan segmen luxury, mid-size, dan compact SUV.

"Kita saat ini akan bermain fokus di kelas SUV. Yang pertama kita ada di SUV luxury, kita punya Tank, dan kita juga punya SUV medium Haval H6. Kita akan punya SUV compact Haval Jolion. Kami sudah melakukan analisis pasar dan tidak akan berlebihan kalau kita menargetkan bisa menjadi tiga besar di masing-masing segmen," jelas Rendi.

Sementara akan bergelut di kelas SUV, GWM Indonesia juga akan fokus menggarap pasar mass-premium sebagai 'specialty' yang dimiliki jenama ber-imej tangguh Tembok Besar China ini.

"Seperti yang kita tahu sama-sama bahwa pasar di segmen sebuah brand kalau tentu saja harus mengikuti dengan kompetensi dari brand tersebut, dan kami merasa kami punya keunggulan itu di segmen mass-premium terutama di SUV class. Jadi kami pikir untuk tahun-tahun awal, kita akan tetap berfokus pada SUV di marketplace," mengenai fokus sasaran perusahaannya.

Menjelaskan alasan positioning-nya untuk berada di pasar mass-premium, GWM Indonesia tidak ingin berada di niche yang terbatas nan eksklusif, namun tetap menawarkan experience pada tiap unitnya untuk pelanggan di rentang harga Rp 400 ribu ke atas.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.