Sukses

Bentuk Final Mobil Listrik Lingxi L Terungkap, Hasil Kolaborasi Honda dan Dongfeng

Ingin menggaet pasar anak muda di China, Honda buat sub-merek Lingxi dan segera terbitkan mobil bertenaga listrik Lingxi L yang bergaya futuristik.

Liputan6.com, Jakarta - Usai diperkenalkan dalam bentuk mobil konsep pada akhir 2023, hasil perkawinan Honda dengan perusahaan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, dengan sub-merek Lingxi, telah mencapai bentuk final. Sosoknya pun terungkap dari publikasi Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT).

Lingxi L yang dibangun dari hasil joint venture Honda dan Dongfeng ini sangat mendekati wujud mobil konsepnya yang telah diperlihatkan sebelumnya, namun kini dengan peningkatan desain yang lebih ramping. Garis-garis yang ekspresif dan tegas bersudut dengan elemen pencahayaan yang rumit membuat sedan kompak berlabel Lingxi ini terlihat futuristik.

Dengan model desain seperti ini, merek Lingxi akan menyasar target audiens pembeli muda di Tiongkok, berbeda dari target rangkaian kendaraan listrik Honda e:NS yang juga dihasilkan dari kerjasama Honda-Dongfeng. Walaupun harga retail belum ditentukan, karena sasarannya anak muda, kemungkinan harga jualnya akan berbeda dengan segmen mobil listrik mereka lainnya, dan tentunya akan lebih terjangkau.

Disitat Carscoops, model L ini memiliki wheelbase berukuran 2.731 mm yang membuatnya mirip dengan ukuran Honda Civic. Keduanya hanya memiliki selisih 4 mm.

Walau begitu, karena mobil ini adalah mobil listrik, sumbangan bobot baterainya lumayan berat. Baterai lithium iron phosphate (LFP) yang disematkan ke dalamnya berkontribusi hingga 1.702 kg pada bobot total mobil ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur Lingxi L yang Diketahui Hingga Kini

Hingga kini, ukuran paket baterai dan jangkauan maksimal yang dapat ditempuhnya masih belum terungkap. Namun, kelistrikan akan ditampung oleh pekt baterai LFP BYD FinDreams.

Kendaraan listrik bergaya edgy ini akan dilengkapi motor listrik tunggal yang dapat menyalurkan tenaga ke roda hingga 215 tenaga kuda yang mampu mencapai kecepatan maksimum hanya 160 km/jam.

Dokumen Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok juga menunjukkan model L Lingxi akan dipasangkan teknologi canggih seperti radar dan asisten pengemudi tingkat lanjut.

Namun, tangkapan gambar interiornya masih belum bisa dipastikan dan masih belum banyak beredar di internet.

Kabarnya, unit ini akan resmi debut pada Beijing Auto Show 2024 di bulan April nanti, membuat kita bersabar menunggu lagi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini