Sukses

Alasan Dibatalkannya Seri MotoGP Argentina 2024

Liputan6.com, Jakarta - IRTA, FIM, dan Dorna Sports sepakat membatalkan seri MotoGP Argentina 2024. Ada alasan kuat mengapa seri ini ditiadakan.

MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo sebetulnya dijadwalkan pada 5-7 April 2024. Namun pada Selasa (31/1/2024), MotoGP dalam rilis resminya mengumumkan kalau GP Argentina batal digelar.

Dalam rilis tersebut, Federasi Motor Internasional, IRTA (Asosiasi Tim MotoGP), dan Dorna menyebut panitia lokal MotoGP Argentina tidak bisa memberikan jaminan penyelenggaraan.

"Karena keadaan di Argentina saat ini, promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang berlangsung pada 2024 sesuai standar MotoGP," demikian pernyataan MotoGP.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada 2025.”

Alasan pembatalan Argentina adalah kebijakan ekonomi mendasar dari Presiden baru Argentina Javier Milei, yang mulai menjabat sebagai presiden pada 10 Desember 2023. Sejak itu, ia telah mengurangi jumlah kementerian dari 18 menjadi sembilan setelah berkampanye mengenai kebijakan.

Milei melakukan reformasi ekonomi besar-besaran. Menurutnya saat ini perekonomian Argentina mengalami penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Nilai peso Argentina yang anjlok drastis dan akibatnya inflasi melonjak (saat ini sebesar 211 persen) juga menjadi alasan utama. Utang negara Argentina saat ini diperkirakan lebih dari $400 miliar (sekitar £315 miliar).

Milei menyebut perlu penanganan yang mengejutkan untuk mengatasi krisis dan menjanjikan deregulasi, serta pemotongan anggaran. Salah satunya dengan mengurangi pengeluaran publik secara signifikan, termasuk untuk acara olahraga. Itulah sebabnya balapan MotoGP Argentina dibatalkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Pengganti

Seperti kita tahu, MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Autódromo Termas de Río Hondo telah rutin diselenggarakan sejak 2014. Sirkuit itu hanya dua kali absen di kalender MotoGP karena COVID-19 di 2020 dan 2021.

Sebelum 2014, para pecinta balapan di Argentina harus bersabar cukup lama. Negeri Tango terakhir menjadi tuan rumah acara GP pada 1999. Saat itu masih digelar di Autodromo Oscar Alfredo Gálvez di Buenos Aires.

Ada upaya berulang kali untuk mengadakan Grand Prix di Amerika Selatan. Namun, rencana untuk menggelar balapan di Brazil dan Chile gagal. Sekarang Argentina juga batal.

Batalnya MotoGP Argentina tidak ada penggantinya. Dan berarti hanya ada 21 seri balapan yang digelar musim ini. GP Argentina 2024 ditempatkan setelah GP Qatar yang menjadi pembuka dan GP Portugal sebagai seri kedua. 

MXGP Argentina yang dijadwalkan pada 9-10 Maret juga dikabarkan akan dibatalkan, namun hal tersebut belum bisa dikonfirmasi.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini