Sukses

Hari Kedua Terios 7 Wonders Diwarnai Penanaman Bibit Mangrove

Wonders kedua yang bakal disambangi rombongan Terios 7 Wonders adalah hutan mangrove Guraping di kota Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Hari kedua Terios 7 Wonders eksplorasi Ternate-Halmahera pada Senin (15/1/2024) dibayang-bayangi awan mendung. Wonders yang bakal disambangi adalah hutan mangrove Guraping di kota Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.

Untuk mencapai tempat tersebut, rombongan mesti menyeberang laut lebih dahulu menggunakan kapal feri dari pelabuhan Bastiong menuju pelabuhan Sofifi. Perjalanan ditempuh sekira 2 jam.

Sementara perjalanan dari pelabuhan hingga hutan mangrove Guraping hanya ditempuh dalam 5 menit. Di sini Daihatsu melakukan corporate social responsibility (CSR) dengan menanam bibit tanaman mangrove sebanyak 50 batang.

Sekadar informasi, hutan mangrove Guraping memiliki luas 350 hektar. 200 hektar berstatus hutan lindung dengan 9 jenis tanaman mangrove. Sisanya area penggunaan lain (APL) yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

Berbagai hewan liar hidup di hutan mangrove ini, seperti biawak dan beberapa spesies burung. Selesai melakoni aktivitas di hutan mangrove, rombongan melanjutkan perjalanan ke kota Jailolo, Halmahera Barat.

Untuk menuju kota ini, waktu tempuhnya mencapai 2 jam dengan jarak mencapai 80 kilometeran. Jalan yang dilalui menawarkan pemandangan khas pegunungan yang indah.

Jalurnya bisa dibilang menantang karena diwarnai banyak tanjakan terjal dan turunan curam. Namun cukup mengasyikan karena jalanan dengan aspal mulus mendominasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Menantang

Daihatsu Terios yang digunakan peserta pun tak mengalami kendala berarti meski diisi empat penumpang dewasa dan barang bawaan cukup banyak.

Pasalnya SUV 7-seater ini dibekali mesin Terios yang dibekali mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc bertransmisi manual lima percepatan yang sanggup melontarkan daya 104 PS dan torsi 136 Nm.

Sekadar informasi, pada hari ketiga rombongan Terios 7 Wonders akan mengeksplor keindahan dan kakayaan budaya dan tradisi kota ini, seperti Desa Naga, Sungai Gaongo, dan Desa Talaga Adat Dodengo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.