Sukses

Motor Tiba-Tiba Terasa Bau Bensin, Segera Cek Komponen yang Satu Ini

Salah satu hal yang dikhawatirkan oleh pengguna sepeda motor adalah bau bensin yang muncul tanpa ada alasan yang jelas. Terkadang aroma bensin bisa tercium saat motor sedang diam di parkiran.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang dikhawatirkan oleh pengguna sepeda motor adalah bau bensin yang muncul tanpa ada alasan yang jelas. Terkadang aroma bensin bisa tercium saat motor sedang diam di parkiran.

Menurut informasi dari beragam sumber yang dihimpun oleh Otosia.com, munculnya bau bahan bakar tersebut, bisa saja terjadi karena beberapa sebab, mulai dari adanya selang yang bocor, paking yang longgar atau juga karburator yang "mengelotor". Semua masalah ini ada tanda-tanda kebocorannya.

Namun dari sejumlah masalah tersebut ternyata ada satu masalah yang sangat jarang kita ketahui, masalahnya cukup sepele yakni pada bagian seal tutup tangki bahan bakar yang sudah longgar.

Hal itu biasanya, seil yang berbahan karet itu bentuknya semakin menipis seiring pemakaian. Sehingga ada rongga udara yang keluar masuk membawa bau bensin dari tangki bahan bakar tersebut?

Lantas bagaimana solusinya? Solusinya cukup simpel yakni dengan cara mengganti seal karet tutup tangki bensin tersebut dengan yang baru.

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Memilih Jas Hujan yang Benar dan Nyaman

Memasuki awal tahun, bersamaan juga dengan datangnya musim hujan. Bagi pengendara sepeda motor, tentunya diperlukan persiapan dan kewaspadaan yang lebih dibanding saat musim panas, ketika berada di jalan.

Pasalnya, saat hujan turun, dan harus tetap nekat melakukan perjalanan, dibutuhkan jas hujan agar baju, dan celana yang digunakan pengendara tidak basah.

Tapi, dalam memilih jas hujan, tentu saja ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena jangan sampai jas hujan malah menjadi petaka yang menyebabkan kecelakaan.

"Kita tahu bahwa seringkali pengendara motor jika tidak berhati-hati bisa sebabkan kecelakaan ringan bahkan sampai merenggut korban jiwa, maka supaya tetap aman, pada saat hujan turun sebaiknya langsung mencari tempat yang aman untuk menggunakan jas hujan," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, dalam keterangan resmi, Selasa (9/1/2024).

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.