Sukses

Gara-Gara Kesalahan Pemasangan Sandaran Penumpang, Ducati Recall XDiavel

Ducati Amerika Utara melakukan recall untuk seluruh motor Ducati XDiavel S dan STD tahun 2016 hingga 2023 yang dijual di Amerika Serikat karena adanya kemungkinan sandaran penumpang yang patah pada Rabu, (6/12).

Liputan6.com, Jakarta - Ducati Amerika Utara melakukan recall untuk seluruh motor Ducati XDiavel S dan STD tahun 2016 hingga 2023 yang dijual di Amerika Serikat karena adanya kemungkinan sandaran penumpang yang patah pada Rabu, (6/12).

Dilansir RideApart, pemasangan komponen yang salah atau kemungkinan penggunaan yang salah oleh penumpang dapat menyebabkan sandaran patah. Kemungkinan terburuknya penumpang terjatuh dari motor dan mengalami cedera.

Menurut catatan Ducati Amerika Utara, ada sekitar 2.906 sepeda motor berpotensi terlibat dalam penarikan ini.

Ini bukan penarikan XDiavel pertama selama model ini diluncurkan, karena pada tahun 2016 hingga 2018, motor-motor tersebut pernah mengalami penarikan untuk perbaikan penyangga samping pada tahun 2021. Selain itu, beberapa sepeda motor tahun 2016 ditarik kembali karena pemasangan roda belakang yang salah.

Mengenai penarikan kembali sandaran belakang XDiavel S dan STD tahun 2023, sepeda motor yang terkena dampak diproduksi mulai tanggal 4 November 2015 hingga 14 Juni 2022.

Ducati Motor Holding telah meninjau dan menganalisis klaim garansi terkait sandaran penumpang yang rusak pada XDiavel sejak Oktober 2017. Melalui proses investigasi, Ducati menetapkan bahwa cacat komponen bukanlah penyebabnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandaran Penumpang Bukan Cacat Produksi, Melainkan Kesalahan Pemasangan

Sebaliknya, Ducati menemukan bahwa masalahnya lebih rumit karena sandaran penumpang dipasok sebagai aksesori, dan tidak dipasang di motor. Oleh karena itu, terserah konsumen untuk memasangnya, atau meminta orang lain untuk memasangnya.

Selama investigasi, Ducati mengatakan bahwa mereka menyadari adanya enam kasus keselamatan potensial, tetapi tidak ada satu pun yang terjadi di Amerika Serikat. Demi keselamatan, Ducati Amerika Utara menginstruksikan jaringan dealer resminya untuk memeriksa pemasangan sandaran penumpang agar sesuai dengan prosedur yang tepat dan mengencangkan torsi pada semua XDiavel. 

Selain itu, sebagai bagian dari penarikan kembali ini, dealer Ducati akan memasang stiker peringatan di sandaran semua XDiavel, yang akan menginformasikan kepada penumpang tentang cara menggunakan sandaran dengan aman.

Pemilik dapat menghubungi layanan pelanggan Ducati di 1-888-391-5446. Nomor Ducati untuk penarikan kembali ini adalah SRV-RCL-23-005.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini