Sukses

Rute Touring Motor Sepanjang 1.000 KM di Flores Beserta Aktivitas dan Destinasi Wisatanya

Flores menjadi pilihan menarik bagi para traveller, bukan hanya backpacker, tapi juga pecinta touring motor.

Liputan6.com, Labuan Bajo Flores, sebuah permata tersembunyi di ujung timur Indonesia telah menjadi destinasi impian bagi para pecinta alam dan petualangan sejati. Pulau ini menawarkan pengalaman liburan yang spektakuler, kekayaan alam dari laut terdalam, pantai, perbukitan pegunungan. Tak ketinggalan kuliner otentik yang manjakan lidah.

Dengan keanekaragaman destinasi wisata, Flores menjadi pilihan menarik bagi para traveller, bukan hanya backpacker, tapi juga pecinta touring motor. Mau riding jarak pendek, jauh atau sampai berhari-hari bisa, kenapa? Karena Flores ini punya jalur dan rute touring dengan  pemandangan yang indah, mulai dari pegunungan hingga pantai dan infrastruktur jalanan yang bagus. Alhasil para rider bisa merasakan sisi petualangan baru yang bikin kita mendapatkan a sense of freedom dari sibuknya rutinitas di kota.

Terinspirasi dari perjalanan Flavorful Ride bersama 10 rider terpilih, berikut ini adalah beberapa rekomendasi rute touring motor beserta aktivitas seru yang bisa membuat trip motoranmu memorable.

1. Larantuka - Danau Kelimutu

Start touring dimulai dari Larantuka, sebuah kecamatan sekaligus Ibu Kota dari Kabupaten Flores Timur. Terletak di ujung timur Pulau Flores, Larantuka memiliki landskap yang menarik karena terletak di kaki Gunung Ile Mandiri dan secara geografis berbatasan langsung dengan Selat Solor dan Selatan Adonara.

Jarak dari Larantuka ke Danau Kelimutu sekitar 240 kilometer. Bila terus berkendara motor tanpa henti maka memerlukan waktu sekitar 6 jam lamanya. Dalam perjalanan kamu akan melewati sejumlah daerah seperti Maumere dan Sikka sebelum mencapai wilayah Danau Kelimutu yang menjadi bagian dari Kabupaten Ende.

Danau Kelimutu yang dikenal juga sebagai Danau Tiga Warna ini merupakan destinasi wisata yang sudah mendunia. Traveler dan rider bisa mengeksplor banyak hal menarik, mulai dari trekking, fotografi, camping, BBQ party, melihat matahari terbit, hingga mencari tahu lebih lanjut tentang sejarah dan budaya. Kamu dapat merasakan alam yang lebih dekat dan menyaksikan bintang-bintang di malam hari.

2. Danau Kelimutu - Desa Bena

Puas menikmati danau Kelimutu, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Desa Bena di Kabupaten Ngada yang berjarak sekitar 200 kilometer dari kawasan Danau Kelimutu dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam lamanya.

Menyisir sisi selatan Ende, rider melewati sejumlah pantai indah dengan landskap Flores yang khas gunung dan perbukitan, rider pun dimanjakan dengan pemandangan alam sebelum tiba ke Desa Bena sebuah perkampungan megalitikum yang terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie.

Desa Bena termasuk Kampung Adat karena masih memegang budaya setempat. Setiap rumah memiliki bangunan yang unik dan tersusun rapi, saling mengelilingi membentuk huruf "U" dan terdapat bangunan atau tempat upacara adat yang berada di tengah-tengah.

Sampai di Desa Bena, rider bisa merasakan sensasi kehidupan pada masa zaman batu bersama keramahan para penduduk dan budayanya.

3. Desa Bena - Mausui

Dari Desa Adat Bena yang berada di puncak bukit, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Mausui yang terletak di wilayah Kabupaten Manggarai Timur yang terkenal dengan pesona padang sabana dan pantainya. Dengan jarak sekitar 70 kilometer lebih, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pantai Mausui tidak sampai 2 jam. Dalam perjalanannya, kamu juga bisa mampir ke Manulalu untuk bermalam sebelum melanjutkan ke Mausui keesokan harinya.

Setibanya di Mausui, kamu bisa menikmati hamparan padang savana yang luasnya kurang lebih  500 hektar. Ini merupakan venue yang menarik buat para rider untuk lebih banyak mengeksplor sensasi mengendarai motor di padang rumput dan menyukai petualangan bermotor offroad dengan rute yang penuh tantangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mausui - Wae Rebo

Selesai menikmati suasana Mausui, perjalanan bisa berlanjut ke Desa Wae Rebo, Kabupaten Manggarai yang berjarak sekitar 150 kilometer lebih dari Padang Savana Mausui dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Dalam perjalanannya, kamu juga bisa mampir ke Ruteng, daerah yang dikenal dengan seribu biara. Jalur ruteng berkelok-kelok dan memberikan sensasi berkendara yang menarik.

Dari Ruteng barulah melanjutkan perjalanan ke Desa Wae Rebo untuk merasakan suasana pedesaan unik dengan rumah adat bernama Mbaru Niang. Di sana kamu bisa menikmati sajian kopi tradisional Wae Rebo.

5. Bukit Amelia

Kamu bisa menjadwalkan touring menuju ke Bukit Amelia yang menjadi salah satu wisata ikonik Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Sebelum itu, kamu bisa bermalam kembali di Ruteng untuk mengisi energi sebelum menempuh perjalanan sekitar 120 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Begitu sampai di trekking point, maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Rasa letih pendakian bukit akan langsung hilang tatkala sudah tiba di puncak bukit Amelia yang sangat terkenal sebagai tempat untuk menikmati sunset. Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan pulau-pulau sekitar, air laut, pantai, sabana dan hutan yang menyelimuti pulau.

Puncak Bukti Amelia ini sekaligus menjadi selebrasi Flavorful Ride atas pencapaian touring motor 1.000 kilometer dari lokasi start di Larantuka sampai Bukit Amelia yang melewati berbagai desa, kecamatan, kota dan kabupaten yang ada di Flores. Dari Flores ujung timur, selatan, tengah, utara hingga ke Flores barat, tepatnya di Labuan Bajo.

3 dari 3 halaman

6. Berlayar dengan Yacht

Selebrasi touring motor di Flores semakin lengkap dan penuh pengalaman dengan Yacht

Menikmati keindahan Flores tak lengkap bila belum berlayar dengan Yacht. Lengkapi selebrasi touring motor dengan experience island hopping dan dinner di atas Yacht seperti halnya para rider dalam kegiatan Flavorful Ride di Flores. Di Yacht, kamu bisa bisa menikmati keindahan perairan dan kepulauan di Flores dengan lebih maksimal. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sembari menanti suasana makan malam adalah berjelajah ke Pulau Padar, menikmati keindahan di Pink Beach, dan menikmati indahnya matahari terbenam di Pulau Kalong.

Nah, itulah ringkasan singkat rute touring motor sepanjang 1.000 kilometer di Flores. Activity Flavorful Ride benar-benar memberikan pengalaman riding yang luar biasa. Banyak cerita, banyak rasa yang bisa didapatkan dari perjalanan selama di Flores.

Nantikan Flavorful Ride yang akan hadir kembali pada tahun 2024 dengan petualangan baru dan  pengalaman menarik lainnya. Klik di sini untuk mendapatkan informasi program dan melihat keseruan perjalanan Flavorful Ride di Flores.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.