Sukses

Heboh Biaya Pengisian Baterai Mobil Listrik Air ev Capai 85 Ribu per 30 Menit, Ini Tanggapan Wuling

Baru-baru ini viral sebuah video Tiktok yang diunggah oleh seorang influencer yang mengatakan bahwa mobil listrik memakan biaya yang besar ketika saat ingin mengisi daya baterai di SPKLU.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini viral sebuah video Tiktok yang diunggah oleh seorang influencer yang mengatakan bahwa mobil listrik memakan biaya yang besar ketika saat ingin mengisi daya baterai di SPKLU.

Dalam videonya ia menjelaskan, ia melakukan pengisian baterai mobil Wuling Air ev di salah satu SPBU yang memiliki fasilitas pengisian baterai mobil listrik dan dikenakan biaya sebesar Rp 85 ribu per 30 menit, dan disitu ia juga mengatakan bahwa dalam 30 menit pengisian hanya terisi sekitar 10 persen.

Di akhir video ia juga menjelaskan bahwa saat hendak mengisi baterai sempat terjadi gangguan dan baterainya tidak terisi, kemudian ia juga beranggapan bahwa butuh biaya sekitar Rp 850 ribu untuk mengisi daya baterai mobil listrik hingga penuh dan sepertinya tidak ada bedanya dengan mengisi bensin mobil sport seperti Ferrari dan Lamborghini.

Melihat videonya telah viral dan sudah banyak ditonton oleh netizen, Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors pun angkat suara terkait video tersebut. “Kami menilai informasi yang disampaikan tidak tepat dan menimbulkan persepsi yang keliru," ungkap Dian saat dihubungi Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Wuling

"Perlu kami sampaikan bila pengisian daya air ev menggunakan AC charging yang disesuaikan dengan standard SPKLU di Indonesia, memang ada perbedaan harga listrik untuk pengecasan di rumah dan di SPKLU,” ungkap Dian.

Ia juga mensimulasikan biaya yang akan dikenakan apabila para konsumen Wuling Air EV melakukan pengisian baterai di rumah masing-masing.

"Jika disimulasikan, Air ev Long Range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh, jika pengisian dilakukan dirumah dengan asumsi dengan tarif 1.699,53 per kWh (untuk rumah dengan daya diatas 3.500VA) maka total terisi penuh dari 0 hingga 100% adalah Rp 45.377,35,” tutup Dian.

3 dari 5 halaman

Wuling Air ev Jadi Kendaraan Operasional KTT AIS

Setelah sukses digunakan di berbagai acara kenegaraan yang dilangsungkan di Indonesia, Wuling Air ev kembali bakal menjadi kendaraan operasional di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023. Acara dengan tema bertemakan ‘Fostering Collaboration, Enabling Innovation, For Our Ocean and Our Future’ ini akan dilangsungkan di Nusa Dua, Bali mulai 11 Oktober.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors mengaku bangga menjadi official car partner di gelaran KTT AIS Forum 2023, yang diselenggarakan di pulau Dewata.

"Partisipasi Air ev menjadi perwujudan nyata Wuling untuk berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih hijau di masa mendatang," ujar Dian, dalam keterangan resmi, Senin (9/10/2023).

Tercatat ada sebanyak 100 unit Wuling Air ev varian Long Range mengemban tugas sebagai kendaraan resmi para delegasi yang berasal dari 30 negara pulau dan kepulauan. Selain itu, Air ev turut menemani para perwakilan dari beberapa organisasi internasional yang hadir di AIS Forum 2023.

Seluruh unit Wuling Air ev berwarna Pristine White yang dihadirkan pada gelaran ini tampil dengan livery khusus yang menghiasi seluruh bodi. Terdapat logo resmi 1st High Level Meeting AIS Forum 2023 serta tulisan ‘Shaping Clean Tomorrow’ yang menjadi semangat Wuling untuk menghadirkan solusi mobilitas demi masa depan yang semakin bersih.

4 dari 5 halaman

Wuling Air ev Bertuliskan Made in Indonesia

Selanjutnya, motif batik yang menghiasi bagian samping bodi. Wuling turut menampilkan tulisan ‘Made in Indonesia’ di bagian pintu bagasi serta bendera merah putih pada bagian ke depan untuk mempertegas identitas mobil listrik yang diproduksi di dalam negeri.

Wuling Air ev varian Long Range mampu menempuh hingga 300 kilometer dalam satu kali pengisian baterai penuh sehingga dinilai sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh mobil ramah lingkungan ini, adalah kemudahan untuk dikendarai dengan ukuran bodinya yang compact dan dilengkapi berbagai fitur modern sehingga memampukan untuk bergerak bebas di perkotaan.

Sementara itu, Wuling turut memberikan pelatihan kepada 100 tenaga pengemudi dengan pengenalan dasar mengenai Air ev sekaligus praktik berkendara di berbagai situasi dan kondisi jalanan.

Penguasaan materi, cara penggunaan, hingga pelatihan berkendara disampaikan langsung oleh tenaga ahli dari Wuling untuk mempersiapkan setiap personel yang melayani mobilitas para delegasi selama acara konferensi tingkat tinggi ini berlangsung.

5 dari 5 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.