Sukses

Mengenal Asal Muasal Rangka eSAF Milik Honda yang Viral Akibat Patah dan Keropos di Media Sosial

PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali menggunakan teknologi rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada skutik Genio yang diluncurkan 2019 silam.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor Honda belakangan ini sedang menjadi sorotan netizen Indonesia. Melalui video yang diunggah oleh @imanmadden, terlihat sejumlah skutik Honda yang mengalami patah pada bagian sasisnya sehingga motor seakan-akan terlipat. 

Pengguna akun Tiktok @azka3044 berbagi video masalah lain, video tersebut berisikan tentang skutik Honda mengalami keropos pada bagian bawah rangkanya. 

Semua motor skutik yang dibagikan oleh kedua akun tersebut berisikan skutik Honda yang relatif keluaran baru. Netizen pun berpendapat bahwa rangka eSAF yang menjadi penyebab sejumlah kerusakan tersebut. Lantas, seperti apa asal muasal rangka eSAF milik Honda?

PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali menggunakan teknologi rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada skutik Genio yang diluncurkan 2019 silam. 

Produksi rangka eSAF dilakukan di Pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang Jawa Barat. Honda mengklaim teknologi eSAF membuat motor Genio lebih lincah, ringan, dan nyaman saat digunakan. 

Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan pemanfaatan ruang untuk bagasi serta bahan bakar. 

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi mengatakan proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus untuk menghasilkan kuliatas rangka terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzzanna Pergi Naik Motor, Netizen: Ternyata Luna Maya Pakai Honda BeAT

Keberhasilan akting Luna Maya dalam film Suzzanna membuat netizen terkagum-kagum. Selama proses pengambilan gambar film tersebut rupanya ada kejadian kocak.

Aktris berusia 39 tahun tersebut rupanya mengendarai Honda BeAT di lokasi syuting. Video pemeran Suzzanna beraksi menggunakan sepeda motor diunggah langsung oleh akun TikTok @lunamaya pada Minggu (13/8/2023). Berikut ulasannya.

Dalam video tersebut Luna Maya baru menyelesaikan syuting film Suzzana. Dirinya terlihat cantik dengan riasan dan mengenakan kebaya berwarna biru dipadu ornamen emas.

Bikin kagetnya Luna Maya malah menarik bibir hingga hidungnya. Apa yang ditarik Luna Maya sendiri merupakan bagian riasan agar mirip dengan tokoh Suzzanna sendiri.

"Selesai, selesai," ungkapnya. 

Naik Sepeda Motor Honda BeatUsai bercanda, Luna Maya pun beranjak pergi memakai kendaraan roda dua. Dirinya lebih memilih untuk meminjam sepeda motor milik orang lain di lokasi tersebut.

"Yang mana motor lu, mana motor," kata Luna Maya kepada seseorang.

Tak lama kemudian, wanita canting tersebut mengendarai motor Honda BeAT. Awalnya ia memutar balik skutik tersebut, lalu segera mengendarainya meninggalkan lokasi syuting.

Kocaknya ia malah meninggalkan seorang wanita diduga asistennya. Wanita yang membawa tas merah itu berlari mengejar Luna Maya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini