Sukses

Penampakan Hyundai Stargazer X, LMPV Rasa SUV

Hyundai Motors Indonesia (HMID) tengah menyiapkan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Stargazer yang 'didandani' jadi low Sport Utility Vehicle (LSUV) dan diberi nama Stargazer X

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motors Indonesia (HMID) tengah menyiapkan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Stargazer yang 'didandani' jadi low Sport Utility Vehicle (LSUV) dan diberi nama Hyundai Stargazer X. Besar kemungkinan model ini akan diperkenalkan saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10 Agustus 2023.

Model ini akan menantang pemain yang sudah ada, seperti Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross yang juga dilahirkan dari basis LMPV-nya.

Informasi terkait model baru Hyundai Stargazer tersebut muncul di salah satu forum otomotif Facebook. Identitas Hyundai Stargazer X terlihat jelas pada area buritan, tepatnya di bawah lampu DRL vertikalnya. Di situ tertulis 'Stargazer X' serta hadir dengan beberapa diferensiasi dengan versi LMPV-nya.

Secara umum, desain futuristik yang membawa kesan masa depan masih hadir pada Stargazer X. Namun, bila melihat sisi grill, kini tampil lebih kekar dengan pendekatan kisi-kisi yang baru. Sementara itu, area bumper juga dibuat lebih kokoh dan tebal untuk memperkuat kesan SUV.

Area headlamp dan DRL depan masih terlihat sama dengan Stargazer versi LMPV. Nah bila diperhatikan lebih detail, bagian muka dari versi LSUV ini seperti menunjukkan kesan huruf 'X' sesuai dengan nama yang diberikan.

Geser ke samping, terdapat penambahan over fender pada setiap sisi atas roda, termasuk pengaplikasian side body molding berkelir hitam doff. Tak absen juga penyematan komponen roof rail yang jadi salah satu ciri utama sebuah mobil bergaya SUV.

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer X juga kedapatan spoiler yang lebih besar dan memanjang ke belakang. Desainnya terkesan lebih sporty ketimbang Stargazer biasa yang kental nuansa elegan. Melengkapi itu, seluruh pelek juga mengemas desain baru dengan perpaduan warna two-tone.

Mundur ke belakang, kesan kekar ala SUV dituangkan lewat penyematan bumper yang cukup besar. Komponen ini dibuat seolah menyatu dengan over fender dan side body molding di sisi samping. Selebihnya, komponen seperti headlamp dan DRL di belakang terlihat identik dengan versi LMPV Stargazer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Harga

Belum ada visual terkait interiornya termasuk informasi spesifikasi yang akan diusung. Namun umumnya, versi LSUV yang dilahirkan dari basis MPV akan mengemas layout kurang lebih sama, perbedaan signifikan ada pada kaki-kaki, misalnya ukuran pelek, ukuran ban, dan setingan tinggi ground clearance.

Sebelumnya Hyundai Indonesia terpantau telah mendaftarkan nama Stargazer KS X di laman resmi Samsat PKB Jakarta. Ada 2 kode yang dimuat saat itu dan mengarah ke varian baru Stargazer.

Pertama KS X GLS 4X2 AT dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp205 juta dan KS X Top 4X2 AT Rp219 juta. Namun perlu dicatat, angka itu bukanlah nominal on the road (OTR), yang artinya bakal lebih mahal ketika dijual secara massal karena akan dikenakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan pajak pertambahan nilai.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.