Sukses

Biar Aman Saat Pulang Sekolah, Pelajar SMP Pasang Rantai di Ban Sepeda Motor

Video tersebut memperlihatkan dua anak SMP yang sedang sibuk memasang rantai di ban belakang motor. Hal ini dilakukan agar roda motor bisa berputar di jalanan rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan rusak masih menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Secara bertahap pemerintah telah berusaha untuk memperbaiki infrastruktur jalan , namun masih sering ditemui jalanan rusak di berbagai daerah.

Meskipun di daerah-daerah tertentu infrastruktur jalan belum memadai, hal tersebut rupanya tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk pergi sekolah. Perjuangan untuk menimba ilmunya tidak main-main.

Kondisi jalan yang tidak memadai membuat para murid bertaruh keselamatan diri sendiri, sebab bisa saja terjatuh dari atas kendaraan. Contohnya saja salah satu perjuangan pergi ke sekolah di Lampung diunggah oleh akun TikTok @asparatokbelajakbaik pada 26 Juli 2023 lalu.

Video tersebut memperlihatkan dua anak SMP yang sedang sibuk memasang rantai di ban belakang motor. Hal ini dilakukan agar roda motor bisa berputar di jalanan rusak.

"Musim hujan pulang pakai rantai biar nanti bisa pulang," katanya.

Siswa bernama Wahyu itu harus melewati jalanan rusak. Sebab jalur lain yang bisa dilewati masih diperbaiki, yakni dicor.

"Oh lewat sana masih dicor," pertegas pemilik akun yang diketahui guru mereka.

Seorang siswa lain dengan terampil memasang rantai di ban motor Honda Supra itu. Rantai pun sudah terpasang setengahnya dan Wahyu pun turut membantu agar segera selesai.

Pemilik akun pun menjelaskan bahwa anak-anak SMP di sana diperbolehkan membawa motor. Penyebabnya tak ada alat transportasi yang bisa dipakai.

"Anak-anak di sini memang diperbolehkan bawa motor karena tak ada kendaraan umum ya," kata pemilik akun.

"Rumahnya banyak yang di dalam kebun," imbuhnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Menerobos Jalan Berlumpur

Setelah beberapa saat, akhirnya kedua siswa SMP tadi selesai memasang rantai di roda motornya. Dua sisi rantai saling dikaitkan dengan diikat tali berwarna merah.

Dengan begini Wahyu pun bisa pulang ke rumah dengan aman, sebab motornya tak ada mudah tergelincir saat melewati jalan berlumpur.

"Jadi kalau udah pakai rantai ini gak goyang-goyang ya, gak licin," jelas pemilik akun.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 274 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan semangat dari adik-adik SMP tersebut.

  • "ngelihat video ini jadi ke inget SMP juga😁,liat lahh seberapa beruntungnya kalian?," tulis Eastblazer
  • "semoga menjadi anak sukses dan bisa memberi perubahan di kotanya menjadi lbh baik," jelas singkong rebus
  • "saya dulu juga pake gitu pas dinorwegia, kena es licin," komentar cah gemini
  • "salfok sama motor kredit dilarang nyalip😂😂," ungkap Muliadi Saputra893
  • "motor kalean apa ???? . . .. . . mana paten supra fit lah😂😂😂😂, keren ade smngat skolahnya👍," tulis abrar6257

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini