Sukses

Mengenal Lini Produk Neta, Merek Mobil Asal Tiongkok yang Bakal Meramaikan GIIAS 2023

Selain Great Wall Motor (GWM), pendatang baru yang bakal meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 adalah Neta Auto. Mereka memastikan, akan menampilkan lima model sekaligus

Liputan6.com, Jakarta - Selain Great Wall Motor (GWM), pendatang baru yang bakal meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 adalah Neta Auto. Mereka memastikan, akan menampilkan lima model sekaligus.

Neta adalah merek di bawah pabrikan Hozon Auto. Perusahaan ini didirikan pada 2014 silam dengan nama Zhejiang Hozon New Energy Automobile Co Ltd, yang fokus kepada produk electric vehicle (EV).

Hozon memiliki visi untuk mengembangkan produk EV dengan kekuatan pengetahuan kecerdasan artificial dan konektivitas pada produknya. Pabrikan ini berusaha menciptakan produk pintar namun hemat biaya dengan kualitas tinggi.

Sosok dibalik Hozon adalah Fang Yunzhou, pengusaha muda di bidang energi terbarukan utamanya industri otomotif Tiongkok. Fang mengungkapkan industri EV masa depan mampu menciptakan ekosistem dimana mobilitas EV terkoneksi internet dan intelligentization yang berlanjut pada regenerasi energi dan ecologization.

Masa depan EV menjanjikan karena di masa depan akan semakin banyak bahan baku, cip, perangkat lunak, algoritma, super computing center, suku cadang, dan lainnya yang berkembang bersama dengan kehadiran kota-kota pintar dan keinginan masyarakat bergerak dengan energi terbarukan.

Hozon memiliki pusat R&D di beberapa kota dunia, salah satunya di Silicon Valley. Pusat pengembangan ini berfokus pada teknologi AI dan otonom yang memang menjadi target Hozon untuk bisa menjadi perusahaan mobilitas terdepan. Beberapa kota lainnya adalah Torino di Italia, Jerman, Shanghai dan Jiaxing di Tiongkok.

Line-up Neta

Merek ini telah hadir di beberapa pasar ASEAN seperti Thailand dan Malaysia. Perusahaan juga mendirikan pabrik di Thailand pada Maret tahun ini yang digunakan sebagai pusat produksi untuk ekspor produk mobil listrik setir kanan dan kawasan ASEAN.

Meski untuk Indonesia belum ada bocoran produk, namun bisa dilihat dari beberapa model yang beredar di negara tetangga. Pertama SUV Neta V yang ditawarkan di Thailand.

Bagian dalamnya, seperti produk EV modern. Terlihat dari head unit 14,6 inci sebagai pusat kontrol hiburan maupun fungsi kendaraan. Selain itu, juga menawarkan interior lapang dengan beragam ruang penyimpanan untuk kebutuhan perjalanan.

Soal performa, motor listriknya menawarkan tenaga 95 ps dan torsi 150 Nm. Baterainya berukuran 40,7 kWh berjenis lithium ion dengan jarak tempuh sekitar 384 kilometer berdasarkan klain NEDC.

Soketnya menggunakan type 2 dan CCS dengan pengisian daya dari 0 ke 80 persen untuk arus AC selama 8 jam dan arus DC dari 30 ke 80 persen dalam waktu 30 menit.

Neta V di Thailand ditawarkan dengan banderol 549 ribu baht Thailand atau sekitar Rp230 jutaan. Harga ini sudah dipotong subsidi pemerintah negeri Gajah Putih yang juga tengah mempercepat penggunaan EV.

Selain model V, ada model U yang bermain di segmen SUV small. Neta baru saja memperkenalkan pembaruan U-II pada Oktober tahun lalu.

EV ini menawarkan dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.628 mm dengan tawaran sumbu roda sejauh 2.770 mm.

SUV ini ditawarkan dengan teknologi ADAS 2.5+ yang menggunakan bantuan radar dan 12 ultrasonix radar untuk fitur lane change assist, forward collision warning, automatic emergency braking, traffic sign recognition dan autonomous parking.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model Lainnya

Neta U-II ditawarkan dalam beberapa pilihan jarak tempuh yakni 400 km, 500 km dan 610 km sebagai flagship. Model ini menawarkan motor listrik penggerak dengan torsi 310 Nm.

Model lainnya ada sedan Neta S. Perkenalan resmi tahun lalu menyasar pasar sedan EV yang digemari di Tiongkok.

Sedan medium ini menawarkan desain elegan dengan aura futuristik kental berkat penggunaan pencahayaan LED berbentuk futuristik dengan dimensi panjang 4.980 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.450 mm dengan sumbu roda 2.980 mm.

Bagian dalam sedan ini menawarkan layar berukuran 17,6 inci sebagai pusat kontrol dan hiburan kendaraan, serta layar 12,3 inci yang hadir di depan penumpang. Neta menawarkan HUD dengan 21 speaker untuk pengalaman hiburan terbaik.

Soal performa, Neta S ditawarkan dalam dua varian. Yakni extended range dengan mesin ICE untuk mencapai jarak 1.160 km.

Varian pure electric menawarkan penggerak roda belakang dengan jarak tempuh 715 km, penggerak empat roda dengan jarak tempuh 650 km dan standard trim dengan jarak 520 km. Saat ini Neta tengah mengembangkan varian S Coupe yang hadir dengan bentuk lebih sporty.

Model terbaru Neta GT. Ini adalah model EV pure sporty dengan bentuk dua pintu empat seat dengan tawaran tenaga 462 hp dan jarak tempuh 580 km.

Desainnya mengingatkan pada jenama Porsche dengan bentuk streamline tajam di beberapa bagian. Dimensi panjang 4.715 mm, lebar 1.979 mm dan tinggi 1.415 mm dengan jarak sumbu roda 2.770 mm.

Variannya terdiri dari RWD dengan tenaga 231 hp dan 4WD dengan tenaga 462 hp. Model ini juga memiliki varian atap terbuka dengan nama GT Speedster.

Beberapa produk di atas kemungkinan akan hadir di pameran perdana Neta di Indonesia bulan depan. Kira-kira mana yang cocok untuk pasar Indonesia?

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.