Sukses

Kian Serius, Toyota Siapkan Mobil Listrik dengan Daya Jelajah hingga 1.100 Kilometer

Meski sempat diragukan mengenai langkahnya ke segmen mobil listrik, Toyota terus memberikan gebrakan lewat rencana yang bakal mereka laksanakan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski sempat diragukan mengenai langkahnya ke segmen mobil listrik, namun Toyota terus memberikan gebrakan lewat rencana yang bakal mereka laksanakan.

Adapun yang terbaru adalah pengembangan baterai solid-state, sebuah teknologi yang berpotensi secara subtansial meningkatkan daya jelajah mobil listrik seraya mengurangi biaya dan juga turut meningkatkan keselamatan.

Dikutip dari Motorauthority, baterai solid-state dibuat menggunakan elektrolit padat, bukan cairan atau gel yang digunakan pada sebagian besar baterai mobil listrik saat ini.

Teknologi tersebut sudah dapat ditemukan di beberapa perangkat kecil ini, terbukti tidak terlalu rentan terhadap panas berlebih atau penyebab kebakaran dan juga lebih baik untuk pengisian kembali.

Bicara terkait spesifikasi lainnya, baterai solid-state ini juga memiliki tingkat kepadatan yang lebih baik dibandingkan baterai jenis lain.

Sama halnya seperti lithium-ion, di mana untuk bobotnya juga lebih ringan namun memiliki kapasitas yang lebih tinggi sehingga mampu memberikan daya jelajah pada mobil listrik yang lebih mumpuni.

Raksasa otomotif Jepang ini memperkirakan bahwa mobil listrik yang menggunakan baterai solid-state dapat menempuh jarak yang lebih jauh lagi, di mana mereka memperkirakan dapat menjelajah hingga 1.100 kilometer lebih dalam sekali pengecasan penuh.

Bahkan, angka tersebut akan terus bertambah sejalan dengan pengembangan yang mereka lakukan dalam masa mendatang.

Dari sisi charging time, mereka mengatakan bahwa hanya membutuhkan waktu selama 10 menit atau kurang untuk mengisi baterai dari posisi 10 persen sampai ke 80 persen saat menggunakan pengisi daya fast charging DC.

Sebelum mobil listrik tersebut diluncurkan dengan menggunakan baterai solid-state, Toyota akan terus meningkatkan baterai sel prismatiknya saat ini dan bertujuan untuk memiliki versi yang mampu memberikan jangkauan 620 mil atau 997 kilometer pada 2026.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengulik Spesifikasi Dua Mobil Listrik Terbaru Mercedes-Benz Indonesia

Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi memperluas line-up elektrifikasinya di Indonesia, dengan meluncurkan dua model anyar, yakni new EQA dan new EQB. Dua mobil ramah lingkungan ini bertarung di segmen yang berbeda, yaitu crossover lima penumpang dengan harga yang terjangkau serta SUV listrik 7 penumpang.

"Dua mobil listrik ini menggunakan platform yang sama dengan GLA dan GLB. Bedanya ini elektrik full, memanfaatkan insentif pemerintah, terutama untuk pendaftaran kendaraan bermotor BBNKB," ujar Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation Product Management PT MBDI, di peluncuran empat model terbaru Mercedes-Benz di Senayan City, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

 Spesifikasinya, The new EQA adalah model entry level SUV dari lini kendaraan full-electric Mercedes-EQ. Semua fitur yang tersedia pada Mercedes-Benz GLA juga tersedia pada The new EQA dan digabungkan dengan electric drive yang sangat efisien.

The new EQA hadir dalam varian Electric Art dengan aksen warna rose gold pada ventilasi udara dan jok yang dilapisi kulit two-tone ARTICO man-made leather. Kendaraan ini dirancang terutama untuk memenuhi kebutuhan mobilitas listrik dari para kaum urban di Indonesia.

Model memiliki jarak tempuh hingga 486km berdasarkan WLTP yang dihasilkan oleh baterai lithium-ion double decker dengan konten energi 66,5 kWh, yang dapat diisi dari 10 persen ke 80 persen dalam waktu 32 menit menggunakan DC fast-charging 100kW.

The new EQA juga menjadi kendaraan dari lini Mercedes-EQ pertama dengan pengembangan aerodinamis secara digital yang menghasilkan nilai cd 0,28.

Tersedia juga fungsi Active Steering Assist yang menawarkan kenyamanan tambahan melalui sensasi berkendara semi-autonomous.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini