Sukses

Hampir 500 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Saat Long Weekend 31 Mei-2 Juni 2023

Berdasarkan informasi yang dirilis PT Jasa Marga, tercatat sebanyak 482.363 unit kendaraan meninggalkan Jabodetabek pada periode libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Momen libur bersama yang diberlakukan sejak 31 Mei - 2 Juni 2023 membuat pergerakan lalu lintas di Jalan Tol mengalami peningkatan yang signifikan dari periode biasanya.

Berdasarkan informasi yang dirilis PT Jasa Marga, tercatat sebanyak 482.363 unit kendaraan meninggalkan Jabodetabek pada periode libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023.

Adapun angka tersebut merupakan angka arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol Utama, yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip (arah Bandung).

Menurut pemantauan PT Jasa Marga, volume kendaraan tersebut mengalami lonjakan sebesar 13,9 persen dari periode lalu lintas normal.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 234.032 kendaraan (48,5%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 129.343 kendaraan (26,8%) menuju arah Barat (Merak) dan 118.988 kendaraan ( 24,7%) menuju arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin adalah sebagai berikut:

ARAH TIMUR (TRANS JAWA & BANDUNG):

  • Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 105.996 kendaraan, naik sebesar 23,3% dari lalin normal.
  • Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 128.036 kendaraan, naik sebesar 40,9% dari lalin normal.
  • Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 234.032 kendaraan, naik sebesar 32,3% dari lalin normal.

ARAH BARAT (MERAK):

  • Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 129.343 kendaraan, lebih rendah 10,5% dari lalin normal.

ARAH SELATAN (PUNCAK):

  • Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 118.988 kendaraan, naik sebesar 16,5% dari lalin normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unit Perdana Suzuki Grand Vitara Mulai Didistribusikan ke Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi melakukan serah terima unit perdana Suzuki Grand Vitara kepada konsumen yang telah loyal menunggu sejak melakukan pemesanan pada Februari 2023.

Seremonial penyerahan unit perdana ini dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat yang diwakilkan oleh 26 konsumen yang berasal dari wilayah Jabodetabek.

Dalam hal ini, pabrikan berlambang 'S' menyiapkan 26 unit Suzuki Grand Vitara tipe GX sesuai dengan perwakilan konsumen perdana yang hadir dalam acara tersebut.

"Hari ini merupakan momen yang luar biasa bagi Suzuki di Indonesia, karena kita semua dapat menyaksikan dan bahkan melaksanakan penyerahan Grand Vitara secara perdana kepada konsumen," tutur Matsushita Ryohei, 4W Sales & Marketing Director PT SIS, Sabtu (3/6/2023).

Keseluruhan rangkaian tersebut dihadirkan untuk memberi kesan dan pengalaman positif bagi konsumen sekaligus rasa bangga karena telah menjadi bagian dari sejarah besar Suzuki di Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada para pelanggan kami yang telah setia menantikan unit Grand Vitara hingga dapat diterima mulai hari ini. Kami berharap para pelanggan Suzuki merasa puas, senang dan bangga setelah menggunakan Grand Vitara," lanjutnya.

Selain melakukan penyerahan, Manajemen SIS menyambut para konsumen sambil memberikan informasi seputar produk dan mengajak konsumen untuk melakukan pengecekan unit mobil yang akan mereka terima secara langsung. 

"Sebelum seremoni penyerahan perdana unit Grand Vitara hari ini, kami juga tetap menerapkan standarisasi pra-penyerahan unit mobil baru kepada konsumen seperti, melakukan pengecekan menyeluruh dan memberikan dokumen kendaraan," ujar Hady Surjono Halim, Deputy Director of 4W Sales & Marketing PT SIS.

3 dari 3 halaman

Infografis Serba-Serbi Persiapan Formula E Jakarta 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.