Sukses

Sebelum Membeli Mobil Bekas, Kenali Ciri-Ciri BPKB Asli

Sebelum membeli mobil bekas, tentu pemeriksaan fisik kendaraan secara menyeluruh adalah hal yang wajib dilakukan. Selain itu, Anda juga harus bisa mengecek keaslian Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil bekas selalu ramai dan diminati. Selain harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli mobil baru, berburu mobil bekas memberikan kepuasan tersendiri karena pilihan yang sangat banyak dan bisa menyesuaikan dengan dana.

Sebelum membeli mobil bekas, tentu pemeriksaan fisik kendaraan secara menyeluruh adalah hal yang wajib dilakukan. Selain itu, Anda juga harus bisa mengecek keaslian Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lantas bagaimana cara mengecek keasliannya? Dilansir dari video unggahan akun Instagram @jktnewss pada Selasa (23/5/2023), berikut ulasan lengkapnya!

Huruf Kecil

Cara pertama, buka salah satu lembar BPKB dan perhatikan ujung kiri bawah. Usahakan untuk memperbesarnya dengan kamera HP agar detail sudut semakin jelas.

Apabila ditemukan garis pada sudut lembar BPKB, maka dipastikan palsu. Jika ditemukan huruf kecil, maka sebaliknya alias asli.

"Zoom pakai kamera HP, garis atau huruf kecil, kalau kecil itu asli ya gais," tulisnya.

Logo Samsat

Kemudian cek salah satu lembar BPKB dengan senter. Perhatian bagian sisi tengah bagian kanan lembar dokumen kendaraan tersebut.

Ketika disorot dengan lampu senter dan muncul logo samsat, maka BPKB tersebut asli. "Senter kertas BPKB, itu akan muncul logo samsat gais," tulisnya.

Scan Barcode

Terakhir keaslian BPKB juga bisa dicek lewat barcode yang ada. Di lembar BPKB terdapat barcode dan ketika discan maka yang muncul nantinya adalah nomor BPKB.

"BPKB asli harus memenuhi semua syarat yg ada di video ini ya gais," tulisnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 1 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang mengucapkan terima kasih dengan informasi penting yang telah diberikan.

  • "Sedih bet.. Bpkb stnk kunci ada.. Motornya yang ngga ada 😢😢," tulis renitafitriyani11
  • "Bpkb nya asli, tp motornya no rangka sama no mesin di ketok ulang kwkwkw," jelas rizaltama_
  • "terimakasih informasinya...sangat bermanfaat min," ungkap haryngemeng
  • "Wah baru tau ada Bpkb palsu," komentar sumardiyoga
  • "Keren nih informasi nya, sangat membantu. Terima kasih @jktnewss 🙏🏾🙏🏾," tulis hadiiiabdat 

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

Sumber Video: https://www.instagram.com/reel/CskKeS9sLAk/?utm_source=ig_embed&ig_rid=fe2412e2-3c7b-4130-bd94-5fe1c0385603

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.